BPOM Gimana Nih? Menkes Sebut Obat Sirup Anak yang Mengandung Etilen Glikol Diproduksi di RI -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BPOM Gimana Nih? Menkes Sebut Obat Sirup Anak yang Mengandung Etilen Glikol Diproduksi di RI

Jumat, 21 Oktober 2022 | Oktober 21, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-21T00:11:49Z

WANHEARTNEWS.COM - Ternyata obat sirup untuk anak yang mengandung Etilen Glikol hingga Dietilen Glikol yang menyebabkan gagal ginjal akut diproduksi di Indonesia.

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM RI) dan Kementerian Kesehatan saat ini tengah bekerja sama untuk meneliti obat-obat anak yang diduga mengandung zat berbahaya tersebut.

Zat Etilen Glikol dan Dietilen Glikol yang belakangan marak menjadi biang menyebabkan terjadinya gagal ginjal pada anak, menjadi salah satu kandungan obat untuk anak.

Efek yang diberikan dari zat tersebut, berdasarkan hasil survei, terdapat puluhan anak yang mengalami gagal ginjal.

Hal ini menjadi perhatian khusus Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, yang meminta kepada BPOM RI untuk melakukan penelitian dan membuat tindakan agar segera menarik semua obat anak yang mengandung zat tersebut.

Budi mengaku sebelumnya sempat mendatangi rumah sakit pasien anak yang didiagnosa gagal ginjal akut. Tinjauannya meminta langsung apa saja obat yang dikonsumsi.

"Kita minta obat-obatan yang dia minum, itu mengandung juga bahan-bahan tersebut," kata Budi kepada wartawan, Kamis 20 Oktober 2022.

Dia menambahkan, "Jadi sekarang kita berkoodinasi dengan BPOM supaya bisa cepat dipertegas itu obat-obatan mana yang harus kita tarik."

Budi mengatakan, saat ini yang terdeteksi anak yang meninggal akibat gagal ginjal akut telah mencapai 35 jiwa per bulan.

Sehingga, kata Budi, pihak telah melakukan penahanan sementara terkait penggunaan dan pengonsumsian obat yang mengandung zat tersebut kepada anak.

"Karena meninggalnya ini sudah sampai puluhan per bulan dan yang terdeteksi kita sekitar 35 sebulan, rumah sakit sekarang sudah mulai agak penuh, kita ambil tindakan preventif, kita tahan dulu sementara, supaya tidak bertambah lagi korbannya balita-balita kita," terang Budi.

Budi menyebut, ternyata obat anak yang mengandung zat Etilen Glikol dan Dietilen Glikol diproduksi di Indonesia.

Dia mengimbau agar anak-anak yang sakit agar tidak diberi obat sirup untuk sementara waktu ini.

"Yang kita lihat obat yang dikonsumsi, yang meninggal itu, diproduksi di sini," kata Budi.

"Sebenarnya kasus ini terjadi di banyak negara lain, di India, China, segala macam, etilen glikol, itu menyebabkan kematian banyak di negara," imbuh Budi.

Sumber: disway
×
Berita Terbaru Update
close