Misteri Video Pintu 3, Jadi Kunci Awal Mula Terjadinya Tragedi Kanjuruhan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Misteri Video Pintu 3, Jadi Kunci Awal Mula Terjadinya Tragedi Kanjuruhan

Rabu, 12 Oktober 2022 | Oktober 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-12T11:49:10Z

WANHEARTNEWS.COM - Komnas HAM mengungkap sebuah video yang menjadi kunci awal mula terjadinya tragedi Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022 lalu. Teraktual, peristiwa memilukan itu tercatat menewaskan 132 orang.

Komisioner Komnas HAM Choirul Anam mengatakan, salah satu dokumen dari sekian banyak dokumen yang telah dikantongi, yakni video pintu 3. Video itu disebut bisa mengungkap penyebab tragedi Kanjuruhan terjadi.

"Banyak dokumen, banyak video dan sebagainya termasuk video yang menurut kami menjadi video sangat kunci kenapa peristiwa itu terjadi. Sangat kunci," kata Anam kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Selasa (11/10/2022).

Anam menyebut salah satu video yang ia maksud ialah video yang memperlihatkan suasana di pintu 3 Stadion Kanjuruhan.

"Video yang diunggah oleh orang yang dijemput oleh polisi diperiksa, itu video pintu 3 dan pintunya terbuka," ungkap Anam.

Kendati begitu, Komnas HAM belum bisa menunjukkan video tersebut saat ini. Pihaknya bakal menggelar konferensi pers terkait hasil investigasi tragedi Kanjuruhan pada Rabu (12/10/2022) hari ini.

"Sangat kunci. Nanti kita sebutin di laporan akhir" katanya.

Sebelumnya, Komnas HAM mengungkapkan ada cara-cara yang sangat struktural agar laga Arema FC vs Persebaya pada 1 Oktober 2022 lalu sengaja digelar malam hari.

Dalam investigasinya ke Malang terkait Tragedi Kanjuruhan, Komnas HAM mendapati adanya permohonan dari polisi yang tak digubris oleh PT Liga Indonesia Baru (LIB) terkait pelaksaan laga derbi Jawa Timur itu.

"Jadi ada komunikasi antara PT LIB dengan Kapolres Malang dimana Kapolres Malang meminta perubahan jam dengan alasan yang paling penting adalah soal keamanan tapi itu tidak direspon dengan baik," kata Anam kepada wartawan di Kemenko Polhukam, Selasa (11/10/2022).

Berdasarkan hasil temuannya, Komnas HAM mengendus ada jabatan struktural di PT LIB yang mampu mengintervensi permohonan yang diajukan oleh polisi. Sehingga laga Arema vs Persebaya digelar pada malam hari.

"Dengan pendekatan yang menurut kami memang bau strukturalnya sangat kuat dari pihak PT LIB. Yang pasti memang soal jam tayang," ungkapnya.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close