Tak Diloloskan KPU Jadi Peserta Pemilu 2024, Enam Partai Sakit Hati: Kami Dizalimi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tak Diloloskan KPU Jadi Peserta Pemilu 2024, Enam Partai Sakit Hati: Kami Dizalimi

Selasa, 18 Oktober 2022 | Oktober 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-18T00:00:42Z

WANHEARTNEWS.COM - Enam partai yang tak lolos pada tahap verifikasi administrasi calon peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 merasa sakit hati dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu).

Diketahui, enam partai tersebut yakni Masyumi, PANDAI, Perkasa, Reformasi, Kedaulatan dan PPB. Mereka pun membentuk Gerakan Melawan Political Genoside (GMPG).
Ketua Majelis Tertinggi Partai Perkasa, Bonny Minang mengatakan, mereka merasa terzalimi dengan keputusan KPU yang tak meloloskan mereka pada tahap tersebut. 

"Jelas kami sakit hati. Kami enggak berhenti, kami akan ke DPR Komisi II untuk manggil ketua KPU dan Bawaslu ini kenapa terjadi inginkan negara demokrasi," ujarnya usai deklarasi GMPG di salah satu hotel di Jakarta Pusat, Senin, (17/10/2022).

Bonny mengatakan para partai merasa tidak mendapat keadilan. Sebab, keputusan KPU tersebut dinilai janggal. Diketahui, sebenarnya ada 16 partai yang tidak lolos pada tahap itu.

Termasuk juga dengan Bawaslu yang menolak laporan 16 partai tersebut. Menurut Bonny laporan ditolak oleh Bawaslu dikerenakan partai tidak bisa menyertakan bukti berita acara soal tidak lengkapnya dokumen partai.

"Permasalahannya, kami bukan melakukan tuduhan. Kita ada bukti bahwa setelah tanggal 16 (Agustus) itu partai yang tidak lolos itu mendapatkan hak diberikan berita acara," katanya.

"Tapi kami tidak dapatkan itu. Berita acara ini yang menjadi modal bagi para parpol untuk melakukan gugatan sengketa," ucapnya.

Dia menuturkan, syarat formil memutuskan ketidaklolosan partai itu adalah berita acara . Seharusnya, kata Bonny, Bawaslu RI menegur KPU RI.

"Tapi tidak, sehingga disana menutup kesempatan kami untuk memperjuangkan hak kami secara konstitusi dan konstituen," tegasnya.

Dia menegaskan, 6 partai itu pun kemudian menggugat KPU ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

"Jelas ke PTUN dan mahkamah agung tetapi terbukti mereka (Hakim) nanya, mana pernyataan anda,karena itu ditandatangani bukan sama ketua KPU ini cuci tangan namanya," pungkasnya. 

Berikut 16 Partai Politik yang gagal lolos ke Pemilu 2024 dan gugatannya ditolak Bawaslu RI : 

1. Partai Beringin Karya (Berkarya)
2. Partai Pelita
3. Partai Indonesia Bangkit Bersatu (IBU)
4. Partai Karya Republik
5. Partai Bhineka Indonesia 
6. Partai Kongres
7. Partai Pandu Bangsa
8. Partai Kedaulatan Rakyat
9. Partai Pemersatu bangsa
10. Partai Pandai
11. Partai Perkasa
12. Partai Masyumi
13. Partai Kedaulatan
14. Partai Reformasi
15. Partai Damai Kasih Bangsa (Tidak menggugat)
16. Partai Demokrasi Rakyat Indonesia (PDRI) (Tidak menggugat)

Sumber : tvone
×
Berita Terbaru Update
close