Hadapi Gejolak Geopolitik, Jepang-AS Setuju Perkuat Hubungan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hadapi Gejolak Geopolitik, Jepang-AS Setuju Perkuat Hubungan

Senin, 14 November 2022 | November 14, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-13T23:59:14Z

WANHEARTNEWS.COM - PHNOM PENH - Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dan Presiden Amerika Serikat Joe Biden saat bertemu pada Minggu setuju memperkuat hubungan kedua negara dalam menghadapi peningkatan ketegangan geopolitik.

Kedua pemimpin itu melakukan pembicaraan di sela-sela pertemuan puncak ASEAN (Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara) dan membahas konflik di Ukraina, kata Kementerian Luar Negeri Jepang melalui pernyataan.

Selain itu, Kishida dan Biden membicarakan peluncuran rudal yang dilakukan berulang kali oleh Korea Utara serta ketegangan di Laut China Selatan serta Laut China Timur, menurut pernyataan itu.

"Kami sepakat untuk mempertajam kekuatan pencegahan serta efektivitas persekutuan AS-Jepang di tengah peningkatan tantangan pada keamanan di kawasan itu," kata Kishida kepada pers usai KTT ASEAN.

"Kami menegaskan kembali bahwa upaya-upaya sepihak untuk secara paksa mengubah status quo adalah tindakan ilegal, dan menekankan bahwa ancaman Rusia melalui kekuatan nuklir tidak bisa ditoleransi," ujarnya.

Kishida dan Biden juga sempat berbicara dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol untuk membahas ancaman-ancaman dari Korut.

Pertemuan tiga pihak itu dilakukan usai KTT ASEAN, sebelum mereka bertolak menuju Bali untuk menghadiri KTT G20.

Jepang dan AS sama-sama khawatir soal kebangkitan China.

Sebelumnya, Biden mengatakan kepada para pemimpin Asia bahwa saluran komunikasi AS akan terus terbuka guna menghindari konflik.

Biden direncanakan akan bertemu secara tatap-muka dengan Presiden China Xi Jinping di Bali pada Senin (14/11) --pertama kalinya sejak ia menjabat presiden Amerika Serikat. I tar
×
Berita Terbaru Update
close