Otak Atik Capres-cawapres, Ganjar Unggul jika Gandeng Erick Thohir atau Kang Emil -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Otak Atik Capres-cawapres, Ganjar Unggul jika Gandeng Erick Thohir atau Kang Emil

Minggu, 06 November 2022 | November 06, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-06T11:53:57Z

WANHEARTNEWS.COM - Pemilihan Presiden (Pilpres) baru dilakukan para tahun 2024 mendatang. Namun publik sudah banyak yang memprediksi kombinasi pasangan capres dan cawapres.

Menyikapi hal ini, Lembaga survei Indekstat Indonesia merilis survei opini publik dengan tema “Kondisi Sosial Politik dan Kepemimpinan Nasional : 1 Tahun menjelang Kampanye Resmi Pemilu 2024”.


Indekstat melakukan survei tentang simulasi pasangan tokoh potensial Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden. Hasilnya, dalam beberapa skenario simulasi pasangan, Ganjar cenderung unggul terhadap pasangan lainnya ketika berpasangan dengan Erick Thohir atau Ridwan Kamil alias Kang Emil.

"Namun cenderung kompetitif ketika head to head dengan pasangan Prabowo-Gus Muhaimin," kata Deputi Direktur Eksekutif Indekstat Rikola Fedri Hotel Morrissey, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (6/11).

Dalam simulasi 3 tokoh dengan suara tertinggi, peringkat pertama Ganjar berada di angka 35,5 persen, kedua Prabowo Subianto yang cenderung stagnan di angka 28,2 persen dan posisi ketiga Anies Baswedan 24,7 persen.

Dalam survey ini juga terdapat tokoh yang mengalami peningkatan suara secara signifikan sehingga menempati posisi ke-4 yaitu Ridwan Kamil dengan suara 8,3 persen.

Meningkatnya elektabilitas Ridwan Kamil memengaruhi suara Anies dan Prabowo di Jawa Barat dimana Jawa Barat merupakan arena kompetesi Anies dan Prabowo. Sementara Ganjar untuk pulau Jawa dominan di Jawa Tengah dan sebagian besar Jawa Timur.

"Sehingga ketika Ganjar dan Ridwan Kamil dipasangkan suaranya cukup kuat berada di angka 35 persen dalam simulasi 3 pasang. Prabowo cukup kuat ketika berpasangan dengan Gus Muhaimin dengan tren elektabilitas di angka 25-27 persen," ungkapnya.

Namun, ketika tidak dipasangkan dengan Gus Muhaimin suara Prabowo cenderung turun khususnya di Jawa Timur. Sementara itu, Anies Baswedan dalam simulasi pasangan cenderung memiliki elektabilitas sedikit lebih unggul ketika berpasangan dengan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 22-28 persen dalam simulasi 3 pasangan dan kuat di DKI-Banten.

Sumber: RMOL
×
Berita Terbaru Update
close