Rocky Gerung: Warisan Jokowi hanya IKN yang Mangkrak dan Masyarakat Terbelah -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rocky Gerung: Warisan Jokowi hanya IKN yang Mangkrak dan Masyarakat Terbelah

Sabtu, 05 November 2022 | November 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-05T14:32:41Z

WANHEARTNEWS.COM - Pengamat politik Rocky Gerung memprediksi bahwa di akhir massa jabatannya Presiden Joko Widodo hanya akan mewariskan dua hal kepada presiden selanjutnya yang akan terpilih di Pilpres 2024.

Menurut Rocky, pemimpin negara selanjutnya akan mendapatkan warisan dari Jokowi berupa proyek IKN yang mangkrak dan masyarakat yang terbelah.

"Jadi kalau ditanya apa yang akan diwariskan oleh Pak Jokowi, satu adalah IKN yang mangkrak. Dua adalah masyarakat yang terbelah," ujar Rocky seperti dikutip melalui kanal YouTube-nya Rocky Gerung Official pada Sabtu (5/11/22).

Mengapa Rocky bisa menyebut soal masyarakat yang terbelah. Hal ini tercermin dari sikap Jokowi saat menghadapi Aksi 411 yang menuntut Jokowi agar mundur dari jabatannya sebagai kepala negara.

Bukan menemui para Ormas Islam yang berdemonstrasi, Jokowi justru pergi meninggalkan Istana Merdeka dan bertolak menuju Jawa Timur untuk melaksanakan kunjungan kerja.

Menurut Rocky, keputusan Jokowi yang tidak menemui para demonstran justru memperkuat isu Islamophobia yang santer ada di pemerintahan Jokowi.

"Pak Jokowi sebetulnya kalau dia masuk akal politiknya dia temui itu supaya terlihat bahwa Pak Jokowi tidak pro Islamophobia," ujar Rocky.

Prediksi Rocky Gerung Soal IKN

Beberapa waktu lalu, pengamat politik Rocky Gerung memprediksi bahwa pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru akan berujung gagal.

Rocky menilai proyek IKN sebagai salah satu ambisi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Publik sudah menganggap itu ambisi presiden, ya sudah kan ambisi itu tidak bisa ditahan karena dia punya kekuasaan," kata Rocky, seperti dikutip dari Hops.id--jaringan Suara.com.

Tak hanya itu, Rocky berpendapat bahwa proyek IKN akan kemungkinan mangkrak. Sebab, dirinya tak yakin soal pembangunan ibu kota baru tersebut.

"Prediksi ahli semua melihat itu bakal mangkrak. Tapi enggak ada soal karena sangat mungkin nanti ibu kota itu bakal dibangun juga melalu bantuan Bandung Bondowoso atau seluruh jin nusantara dikerahkan buat bangun itu kan," ungkapnya.

Rocky mengatakan, Jokowi seharusnya bisa membuat kebijakan rasional dalam membuat proyek sehingga didukung banyak pihak.

Menurutnya, apa yang direncanakan oleh Jokowi tidak akan selesai dengan baik.

Rocky bahkan menyebut, proyek tersebut dapat selesai apabila mendapatkan bantuan mistik.

"Kan kita ingin ada rasionalitas dalam membuat kebijakan. Kalau kalkulasi tidak memungkinkan itu artinya ada faktor lain yang ditambahkan di situ, yaitu pasti faktor mistik, bahwa itu bisa langsung di bangun," tandasnya.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close