Dibanding-bandingkan: Pendukung Anies Sukarela, Relawan Ganjar Datang karena Amplop -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dibanding-bandingkan: Pendukung Anies Sukarela, Relawan Ganjar Datang karena Amplop

Jumat, 23 Desember 2022 | Desember 23, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-23T07:41:12Z

WANHEARTNEWS.COM - Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan menjadi dua tokoh politik yang nampaknya bakal bertarung di pemilihan presiden atau Pilpres 2024 mendatang.

Pendukung atau relawan Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan sudah bermunculan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Baru-baru ini, pengamat politik Rocky Gerung menyoroti soal relawan Anies dan Ganjar. Rocky membeberkan bahwa ada perbedaan antara relawan Ganjar Pranowo dengan pendukung Anies Baswedan. 

Rocky Gerung menilai bahwa relawan Anies Baswedan cenderung lebih ikhlas bergerak tanpa iming-iming dibandingkan relawan Ganjar.


Berangkat dari omongan Rocky Gerung itu, Refly Harun yang sependapat dengan pernyataan tersebut.

"Sama seperti (disampaikan) Rocky Gerung, kalau orang ke Anies datang dengan sukarela tapi ke Ganjar datang berpikir karena amplopnya atau sembakonya dan lain sebagainya," ujar Refly melalui kanal YouTube-nya dikutip dari Wartaekonomi.co.id--jaringan Suara.com, Kamis, (22/12/2022).


Dikatakan Refly, fenomena seperti ini tidak akan baik bagi semangat relawan lantaran akan bekerja jika diberikan sesuatu.

Meski demikian, kata ahli hukum tata negara itu, hal seperti itu tetap ada dalam relawan Anies meskipun porsinya cenderung lebih kecil.

"Apakah tidak ada hal seperti itu di Anies Baswedan? Ada, tapi tidak instan disini. Jadi tidak di depan bahwa orang mau datang deklarasi Anies, perkumpulan Anies atau rapat massa Anies karena dia dibayar tetapi karena memang dia bersemangat, bersukarela," jelas Refly. 



"Sementara dari Ganjar bagian dari kekuasaan istana hari ini. Sehingga kalau bergerak ketika tidak ada biayanya maka enggak bisa bergerak," ungkap dia.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close