'Anies Itu Satu-satunya yang Berani Lawan Oligarki', Kok Malah Safari Politik Naik Private Jet? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

'Anies Itu Satu-satunya yang Berani Lawan Oligarki', Kok Malah Safari Politik Naik Private Jet?

Senin, 12 Desember 2022 | Desember 12, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-12T00:08:24Z

WANHEARTNEWS.COM - Safari politik Bakal Calon Presiden 2024 Anies Baswedan terus menjadi buah bibir. Sejumlah kritikan dialamatkan kepadanya, mulai dari dianggap curi start hingga soal penggunaan jet pribadi.

Hal inilah yang dikupas oleh Direktur Cyrus Network, Hasan Nasbi, saat berdiskusi di kanal YouTube Total Politik. Hasan blak-blakan mengkritik penilaian Anies sebagai anti oligarki ketika eks Gubernur DKI Jakarta itu malah melakukan safari politik dengan jet pribadi.

Hasan menegaskan bahwa tidak ada yang salah dengan penggunaan private jet. "Naik private jet bukan sesuatu yang haram. Buat negara sebesar ini, calon presiden kalau nggak naik private jet sakit tipes lah," kata Hasan, dikutip pada Minggu (11/12/2022).

Namun Hasan menyoroti narasi yang digaungkan kubu pendukung Anies, yakni seolah bacapres dari Partai NasDem itu menolak pengaruh oligarki. Bahkan Hasan sempat mengutip pernyataan dari salah seorang guru besar yang mengklaim Anies anti oligarki.


"Jadi akademisi, intelektual itu juga bilang, profesor dari BRIN itu bilang juga, 'Anies itu satu-satunya yang berani melawan oligarki'. Kalau konteksnya kayak gini saya rasa nggak melawan oligarki, tapi sebenernya bekerja sama dengan oligarki tertentu," ujar Hasan.

Menurut Hasan, pernyataan para akademisi dan intelektual tersebut nyatanya tidak sesuai dengan kondisi di lapangan.


"Jadi private jet itu masuk akal aja, asal jangan diborong semua. Anti oligarki iya, terus naik private jet juga iya, itu kan nggak nyambung," terang Hasan.

"Satu aja dipilih. Nggak apa-apa kita pilih naik private jet, tapi nggak usah keluar narasi anti oligarki. Ini maunya diborong semua. Kalau kita mau berpahala, pahala aja, nggak usah dosanya diborong semua," sambungnya.

Hasan menilai narasi anti oligarki tidak sejalan dengan bagaimana Anies berkampanye saat ini. Justru narasi ini bisa membuat nama Anies jeblok karena seluruh aktivitas tokoh politik bisa dengan mudah dipantau di media sosial.


"Jadi pilihannya gini, kita mau bikin politik kita berkelas, naik ke perdebatan yang substantif, atau politiknya rendah sekali. (Kalau bilang) 'Ini bukan sumbangan oligarki, ini sumbangan hamba Allah yang dermawan', itu yang jadi (politiknya) rendah sekali," jelas Hasan.

Hasan menyarankan agar narasi anti oligarki, termasuk yang digaungkan kubu Anies, ditanggalkan saja. Khusus untuk private jet Anies, Hasan juga menyayangkan Partai NasDem yang dinilai malah memberikan reaksi tak substantif.

"Publik nggak bodoh. Jadi narasi itu cabut saja. Minta maaf saja, (bilang) 'Kita nggak jadi ngelawan oligarki', udah gitu aja," tutur Hasan.


"Saya lihat jawaban dari Partai NasDem misalnya, Bestari Barus bilang itu bukan pemberian oligarki, berarti bener pemberian Allah SWT. Yang lebih kaya dari oligarki kan tinggal Allah," pungkasnya.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close