Polemik Ketua MPR Bamsoet yang Minta Pemilu 2024 Dipikir Lagi: Bikin Panas -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polemik Ketua MPR Bamsoet yang Minta Pemilu 2024 Dipikir Lagi: Bikin Panas

Jumat, 09 Desember 2022 | Desember 09, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-09T10:38:18Z

WANHEARTNEWS.COM - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo alias Bamsoet kini menjadi buah bibir di tengah-tengah masyarakat lantaran pernyataannya soal mempertimbangkan lagi Pemilu 2024.

Pernyataan tersebut sontak membuat situasi panas di tengah-tengah publik yang sedang mempersiapkan ajang pesta demokrasi tersebut.

Bamsoet berdalih bahwa agenda besar Pemilu 2024 tersebut menyimpan segudang potensi menyebabkan ketegangan perpolitikan dalam negeri di tengah-tengah Indonesia sedang pulih usai didera pandemi.

"Tentu kita juga mesti menghitung kembali karena kita tahu bahwa penyelenggaraan Pemilu selalu berpotensi memanaskan suhu politik nasional, baik menjelang, selama, hingga pasca penyelenggaraan Pemilu," kata Bamsoet secara daring dalam rilis survei Poltracking Indonesia, Kamis (8/12/2022).


"Ini juga harus dihitung betul, apakah momentumnya tepat dalam era kita tengah berupaya melakukan recovery bersama terhadap situasi ini dan antisipasi, adaptasi terhadap ancaman global seperti ekonomi, bencana alam, dan seterusnya," ujar Bamsoet.

Ali-alih mendapat dukungan dari publik, pernyataan sosok Waketum Partai Golkar itu dikritik habis-habisan dari berbagai pihak.


Banjir kritik dari para tokoh Parpol


Beberapa pihak sontak menerjemahkan pernyataan Bamsoet tersebut sebagai upaya menggaungkan kembali wacana perpanjangan masa pemerintahan presiden.

Sebab, Bamsoet juga dalam kesempatan yang sama juga menyinggung prestasi Presiden Jokowi di tengah krisis.

"Artinya, Jokowi dalam penilaian saya memiliki sense of crisis yang sangat tinggi dibandingkan dengan pemimpin-pemimpin yang lain. Nah pertanyaan saya kembali, apakah ada korelasinya antara keinginan besar masyarakat untuk lebih lama dipimpin Pak Jokowi atau ini hanya kepuasan yang memang puas terhadap kinerja hari ini," tutur Bamsoet.

Salah satu kritik pedas dilayangkan oleh Koordinator Juru Bicara DPP Partai Demokrat, Herzaky Mahendra Putra yang menilai bahwa pernyataan Bamsoet mencerminkan ambisi pemerintah yang berlebih untuk mempertahankan kekusaan.

"Makin ke sini, makin terlihat wajah buruk pemerintahan periode ini. Berulang kali, terus dan terus, secara bergantian melantunkan nafsu kekuasaan, ingin terus berkuasa, padahal prestasi cekak, dan rakyat banyak yang makin kesusahan sejak pandemi," kata Herzaky kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).


Senada dengan Herzaky, Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menduga bahwa pernyataan kontroversial Bamsoet tersebut memberikan sinyal bagi perpanjangan masa pemerintahan Jokowi. 

Kamhar mengatakan jika memang benar terbukti dugaannya tersebut, maka pemerintah kini menjadi pembegal demokrasi.

"Jika demikian adanya, tentu Ini kita sayangkan. Ini menjadi pembegalan demokrasi dan pengkhianatan reformasi," kata Kamhar kepada wartawan, Jumat (9/12/2022).

Warganet turut kirim kecaman

Tak hanya kalangan Parpol, warganet turut dibuat panas emosinya oleh pernyataan Bamsoet.

Warganet turut mengamini cuitan anggota DPR RI fraksi Partai Demokrat, Benny Kabur Harman yang menghimpun publik akan bahaya wacana Bamsoet tersebut.

"Tidak ada dasar dan alasan menunda Pemilu selain untuk tetap berkuasa. Kudeta konstitusi sangat danger. #RakyatMonitor," cuit Benny via akun Twitternya.

Sontak, cuitan Benny kini dibanjiri oleh dukungan dan keresahan yang serupa terkait dengan pernyataan sosok Ketua MPR itu.

"Emang ba*****n ini yang pada pengen 3 periode. Ketagihan dan keenakan punya kekuasaan, gak rela kehilangan, menuruti nafsu," amuk warganet.

"Orang kagak ngerti agama, kurang berpendidikan, kurang membaca ya gitu, genggam erat dunia di hati nya," lanjutnya lagi.

"Kalau pun pemilu ditunda kenapa dia masih merasa sebagai Ketua MPR? Terus apa dasarnya Jokowi tetap sebagai Presiden, berarti presiden tetap harus diganti sesuai aturan hukum, bukan hanya karena ditunda terus kalian merasa berhak duduk disitu," komentar lainnya.

"Berarti waktu mutusin doeloe, belum dipikir secara matang ya Mas Bamsoet. Amat disayangkan ya. Udah mau dekat-dekat, baru ada wacana mau ditunda," tulis warganet lain ikut mengomentari.

Sumber: suara
×
Berita Terbaru Update
close