Diresmikan di Zaman Anies, Begini Nasib Jalur Sepeda di Jakarta Hari Ini -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diresmikan di Zaman Anies, Begini Nasib Jalur Sepeda di Jakarta Hari Ini

Selasa, 06 Juni 2023 | Juni 06, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-07T08:20:19Z


WANHEARTNEWS.COM - Pengadaan ratusan kilometer jalur sepeda di DKI Jakarta diinisiasi oleh Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022, Anies Rasyid Baswedan. Pembangunan jalur ini masuk dalam isu prioritas daerah tahun 2021-2022.


Dalam APBD 2023 yang dirilis pada masa  Penjabat Gubernur DKI Heru Budi, tidak ada anggaran khusus untuk ekspansi rute, yang ada hanya alokasi untuk pemeliharaan jalur sebesar Rp 7,5 miliar.


Lalu bagaimana nasib jalur sepeda di Jakarta hari ini?



Dari penelusuran kumparan sepanjang jalan protokol DKI Jakarta, jalur sepeda cenderung masih terawat. Meski begitu, ada beberapa lokasi yang sudah rusak parah.


Seperti di Jalan Wahid Hasyim, Jakarta Pusat. Di sepanjang jalan ini terdapat 2 sisi jalur sepeda di kanan dan kiri jalan. 


Karena Jalan Wahid Hasyim ini satu arah menuju Jalan MH Thamrin, maka jalur contraflow khusus sepeda diberikan pembatas khusus dari karet berwarna oranye.



Namun nasibnya kini miris, pembatas yang sebelumnya terpasang berjejer kini sebagian besar hancur seperti bekas ditabrak kendaraan.


“Memang kebanyakan rusak karena ditabrak, sempit jalan sini, enggak guna juga menurut saya,” kata Edi, pengemudi ojek online, kepada kumparan, Selasa (6/6).


Sisa sisa pembatas jalur sepeda yang rusak teronggok di pinggir jalan tidak jauh dari Polsek Menteng.



“Menurut saya dicabut aja, malah bahaya, ketabrak-tabrak, untung karet, bukan beton,” lanjut Edi.


Menurutnya, kawasan Jalan Wahid Hasyim tidak cocok dipasang jalur sepeda. 


Sebaiknya para pesepeda menggunakan jalur khusus di taman atau bersepeda saat Car Free Day di hari Minggu.


“Dari kapan tahun saya diam di sini, enggak pernah lihat tuh yang main sepeda. Sudah dicabut aja,” tuturnya.



Alih-alih digunakan sebagai jalur khusus pesepeda seperti fungsi aslinya, jalur ini malah dipakai oleh pengemudi motor untuk melawan arus, beberapa bajaj juga terlihat ngetem menunggu pelanggan di kawasan jalur hijau khusus sepeda.



kumparan lalu melakukan penelusuran di kawasan lain. Di kawasan Tugu Tani, Jalan Menteng Raya juga terdapat jalur sepeda. 


Kondisinya jauh lebih baik, masih terawat dan berdiri kokoh, tidak ada pembatas yang rusak. Begitu juga di kawasan Jalan MH Thamrin. [kumparan]

×
Berita Terbaru Update
close