Ganjar Pranowo Safari Politik ke Masjid Agung Banten, Bawaslu: Tolong Punya Etika Dong! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ganjar Pranowo Safari Politik ke Masjid Agung Banten, Bawaslu: Tolong Punya Etika Dong!

Kamis, 01 Juni 2023 | Juni 01, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-05T00:41:40Z


WANHEARTNEWS.COM - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI menanggapi safari politik bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo yang sempat mengunjungi Masjid Agung Banten.


Anggota Bawaslu Totok Hariyoni mengingatkan kepada semua bakal calon presiden untuk tahu etika dalam hal melakukan safari politik.


Dia menegaskan bahwa ada tempat-tempat yang tidak seharusnya digunakan sebagai wadah bersilaturahmi politik dan kampanye seperti rumah ibadah, tempat pendidikan, dan fasilitas pemerintah.


"Dari awal saya sampaikan, tolong punya etika dong jangan gunakan tempat ibadah sebaga ajang kampanye, walaupun belum sampai pada tahap pelanggaran kampanye dan itu kita sampaikan kepada semuanya," kata Totok kepada awak media di Kantor Bawaslu RI, Jakarta, Rabu (31/5/2023).


"Jangan gunakan tempat ibadah, tempat pendidikan, fasilitas pemerintah, untuk kampanye, ini soal etika," tambahnya.


Meski begitu, dia menyebut pihaknya kesulitan untuk menindak jika ada pelanggaran bakal calon presiden yang sudah mengunjungi sejumlah daerah dengan dalih safari politik. 


Pasalnya, saat ini tahapan kampanye masih belum berlangsung.


"Kesulitannya seperti yang sudah saya sampaikan, ini belum waktunya kampanye, belum ada unsur dugaan pelanggarannya," ujar Totok.


"Cuma karena unsur pelanggarannya belum ada, maka kita masuk di ruang etika. Artinya, sanksinya ya sanksi moral, kepada siapapun itu," katanya menambahkan.


Safari Politik Ganjar



Bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDIP, Ganjar Pranowo menyambangi Masjid Agung Banten di Jalan Raya Banten, Kasemen, Kota Serang, Banten. 


Ganjar hendak melakukan ziarah kubro di makam sultan dari Kesultanan Keraton Surosowan Banten, Sultan Maulana Hasanudin.


Sesampainya di Masjid Agung Banten, Ganjar disambut hangat oleh puluhan kiai sepuh dari Kesultanan Keraton Surosowan dan ribuan jemaah. 


Sebanyak lebih dari 10.000 ustadz, nyai, santri, hingga ibu-ibu majelis taklim hadir.


Ganjar pun disambut kiai sepuh Kesultanan Banten, Abuya KH Tubagus Ahmad Syadzili Wasi dan puluhan kiai dari Kesultanan Keraton Surosowan Banten yang juga berziarah qubro.


Adapun puluhan kiai khos yakni Abuya KH Tubagus Muhammad Hassan Fuad, KH Muhidin Arif, KH Safrudin Isro, KH Hidayatullah, KH Fathulloh, KH Yamleh, KH Mahmudi Al Mubarok, KH Rowadi, KH Arasy Hasbullah, KH Aan Burhanudin, hingga KH Oman Abdul Rohman.


"Ternyata banyak masyarakat yang pengen ziarah kubro di tempat ini dan rupanya hampir setiap hari suasananya seperti ini luar biasa," kata Ganjar dalam keterangan tertulis, Minggu (28/5/2023).


Ganjar pun merasa terhormat karena banyak elemen masyarakat yang turut berziarah kubro bersamanya. 


Terlebih keluarga dari Kesultanan Keraton Surosowan Banten juga menyambutnya dengan hangat dan menyejukkan.


Ganjar berharap doa-doa dan hajat yang disampaikan semua jemaah senantiasa dikabulkan. Ia juga berdoa agar pendahulu-pendahulu bangsa selalu diberikan rahmat dan berkah.


"Mudah-mudahan seluruh doa mereka terkabul. Mudah-mudahan para pemimpin kita bahkan yang sebelum-sebelumnya, semua yang diberikan pada manusia, pada negara, penuh dengan rahmat dan berkah," imbuh Ganjar.


Sejumlah santri turut menyambut Ganjar dengan penampilan hadroh yang diiringi selawat Busyro. 


Mereka menabuhkan gendangnya untuk mengiringi kedatangan Ganjar bersama puluhan kiai sepuh.


"Allahumma Sholli wa sallim ala sayyidina muhammadin sohibil busyro sholatan tubassiruna bihaa wa ahlana wa awlaadanaa wa jamii'a masya'khinaa wa muallimiinaa wa tholabatanaa wa tholibatinaa min waumina hadza ilaa yaumil akhiroh," lantun para santri. [suara]

×
Berita Terbaru Update
close