Pemilu 2024: PDIP Bidik Kemenangan Perdana di Sumatera Barat -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemilu 2024: PDIP Bidik Kemenangan Perdana di Sumatera Barat

Rabu, 05 Juli 2023 | Juli 05, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-05T09:57:18Z

WANHEARTNEWS.COM - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan atau PDIP optimis akan menang di Sumatera Barat (Sumbar) pada Pemilu 2024 meskipun secara sejarah wilayah ini bukan lumbung suara mereka. Partai berlambang banteng itu bakal mengadopsi konsep geopolitik Bung Karno dan Hatta agar bisa menang di Sumbar pada pemilu mendatang.

"Kami optimis dan fokus di Sumbar dengan mengadopsi geopolitik Bung Karno dan Hatta," kata Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto usai menghadiri Rapat Kerja Daerah DPD PDIP Sumatera Barat di Hotel Mercure, Padang, Selasa, 4 Juli 2023.

Pendekatan budaya untuk menggaet hati masyarakat

Dia melanjutkan, PDIP juga bakal menggunakan pendekatan kebudayaan agar bisa memperoleh hati masyarakat Sumbar.

“Masyarakat Sumatera Barat ini sangat inklusif. Peran dari tokoh agama, cendikiawan dan budaya merupakan satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dari masyarakat Sumbar,” ujar Hasto.

“Kami yakin dengan sifat masyarakat Sumbar yang terbuka itu akan menerima kehadiran PDI Perjuangan,” kata Hasto.

Bagi PDIP, menurut Hasto, Sumbar adalah salah satu provinsi yang luar biasa dan sangat berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia . Jika dihitung-hitung jumlah pahlawan yang berasal dari Sumatera Barat sangatlah banyak.

"Jiwa negarawan dan kepemimpinan intelektual dari masyarakat Sumbar yang ingin kami gelorakan kembali,” ucapnya.

Hasto juga meramalkan akan ada kejutan di Sumatera Barat pada Pemilu 2024. Hal itu karena PDIP secara konsisten melakukan banyak langkah-langkah organisatoris untuk memenangkan hati masyarakat rakyat.

“ Apalagi Pak Ganjar menjadi kepala daerah 2 periode selalu membangun hubungan baik dengan kepala daerah di Sumatera Barat,” ucapnya.

Ketua DPD PDIP Sumatera Barat, Alex Indra Lukman mengatakan, bahwa mereka telah memenuhi semua kuota calon anggota legislatif (Caleg) untuk Pemilu 2024. Hal itu berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya saat banyak daerah pemilihan yang tak terisi.

"Pileg 2024 PDI Perjuangan full tim. Kami memenuhi semua kuota mulai dari Caleg DPR RI hingga DPRD kabupaten dan kota, semuanya penuh," ujarnya saat memberikan sambutan di Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDI Perjuangan Sumbar di Hotel Mercure.

Sejarah PDIP di Sumatera Barat

Bagi PDIP, Sumatera Barat merupakan daerah yang tak pernah mereka menangkan dalam Pileg. Sejak pemilu pertama di era reformasi, 1999, partai berlambang banteng moncong putih ini tak pernah sekali pun memperoleh suara terbesar di sana. 

Pada dua pemilu terakhir, dimana PDIP berhasil menjadi pemenang secara nasional, mereka dipecundangi oleh Partai Golkar dan Partai Gerindra. Pada Pemilu 2019, PDIP bahkan hanya menduduki posisi kedelapan di Sumatera Barat dengan perolehan suara sebesar 4,92 persen. 

Perolehan suara Presiden Jokowi di sana pun tergolong rendah. Pada Pilpres 2014, Jokowi hanya memperoleh 23,08 persen di Sumatera Barat. Pada 2019 perolehan itu turun menjadi 14,08 persen saja.

Pada Pemilu 2024, PDIP mencanangkan kemenangan ketiga secara beruntun. Mereka telah memastikan akan mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden. 

Sumber: tempo
×
Berita Terbaru Update
close