Buset Dah! Jokowi Minta Tolong China Ikut Bangun IKN: Mohon Dukungan Yang Mulia! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buset Dah! Jokowi Minta Tolong China Ikut Bangun IKN: Mohon Dukungan Yang Mulia!

Selasa, 17 Oktober 2023 | Oktober 17, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-17T07:57:53Z


WANHEARTNEWS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak henti-hentinya memuji China sebagai mitra investasi strategis bagi Indonesia.


Hal tersebut dikatakan Jokowi saat melakukan lawatannya ke Beijing dan bertemu dengan Perdana Menteri China Li Qiang.


Jokowi pun memberi dua jempol atas minat China untuk berinvestasi pada sektor perumahan dan kesehatan di Ibu Kota Nusantara (IKN).


"Saya mengapresiasi kerja sama design planning antara Otoritas Ibu Kota Nusantara dan Kota Shenzhen, serta minat swasta China di Ibu Kota Nusantara untuk bidang perumahan dan kesehatan," kata Jokowi di Diaoyutai State Guest House, Beijing, China, Selasa (17/10/2023)


IKN telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) dengan Kota Shenzhen, yang dalam 40 tahun terakhir bertransformasi dari kota kecil menjadi metropolis, dalam pembangunan ibu kota baru Indonesia di Pulau Kalimantan tersebut.


"Juga mohon dukungan Yang Mulia untuk mendorong percepatan realisasi investasi di Ibu Kota Nusantara," tambah Jokowi.


Jokowi juga mengaku senang dapat kembali bertemu dengan Li Qiang setelah mereka jumpa saat KTT ASEAN pada September 2023.


"Sekali lagi saya mengapresiasi perkembangan positif kemitraan strategis komprehensif selama 10 tahun terakhir, di mana China menjadi mitra dagang terbesar Indonesia dan China juga menjadi investor terbesar kedua di Indonesia," ungkap Jokowi.


Jokowi Bicara Pemilu 2024 di Depan Pengusaha Kakap China


Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menawarkan sejumlah proyek kepada pengusaha China pada Forum Bisnis Indonesia - Republik Rakyat China yang digelar di China World Hotel, Beijing, China, Senin (16/10/2023).


Dalam pidatonya, Jokowi meyakinkan para investor bahwa investasi di Indonesia menjadi pilihan tepat karena mudah dan aman. 


Selain itu, ia juga mengajak investor untuk menanamkan modal di Indonesia karena sejumlah indikator ekonomi positif.


Seperti pertumbuhan ekonomi konsisten di atas 5%, neraca perdagangan surplus 41 bulan berturut, Purchasing Manager Index (PMI) berada di level ekspansi selama 25 bulan berturut-turut dan bonus demografi. Hingga sejumlah insentif dipersiapkan.


"Dan tentu saja stabilitas sosial politik yang selalu terjaga. Jadi jangan sampai ada yang khawatir mengenai pemilu 2024 yang akan datang, karena Indonesia juga sudah berpengalaman melakukan pemilihan umum secara langsung selama lima kali," kata Jokowi, dalam keterangan resmi, Senin (16/10/2023).


"So, you don't need to worry, you just need to hurry. Ini adalah peluang investasi yang tidak hanya menguntungkan Indonesia tetapi juga RRT, karena bagi Indonesia kerja sama itu harus saling menguntungkan, harus sama-sama cuan," tambahnya.


Selain itu, Jokowi juga menjabarkan sejumlah proyek yang menjadi fokus saat ini seperti hilirisasi komoditas nikel, tembaga, timah, dan minerba lainnya. 


Termasuk membangun ekosistem kendaraan listrik terintegrasi untuk menjadi bagian penting dari rantai pasok dunia.


Lebih jauh, Jokowi menjelaskan potensi energi baru terbarukan di Indonesia sangat besar hingga mencapai 3.600 gigawatt. 


Eks wali kota Solo memerinci beberapa di antaranya, yaitu 3.200 gigawatt dari tenaga surya dan terdapat 4.400 sungai untuk energi hidro.


Selain itu, Indonesia juga sedang membangun Ibu Kota Negara Nusantara dengan konsep kota hijau dalam rimba yang 60 persennya adalah hutan, kota netral karbon pertama di Indonesia. 


Jokowi menyebut bahwa pembangunan infrastruktur dasar dan pusat pemerintahan diperkirakan tahun depan akan bisa diselesaikan dan sampai awal November ini sudah ada 21 investor dari dalam dan luar negeri yang sudah dan akan segera melakukan groundbreaking dengan total nilai US$ 2 miliar. [Democrazy/Suara]

×
Berita Terbaru Update
close