Aksi Solidaritas Palestina Digelar Depan Kedubes Amerika, Serukan Stop Genosida oleh Israel di Gaza -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Aksi Solidaritas Palestina Digelar Depan Kedubes Amerika, Serukan Stop Genosida oleh Israel di Gaza

Jumat, 10 November 2023 | November 10, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-09T23:51:01Z

Sejumlah aksi bela Palestina dan mengutuk serangan Israel ke Gaza masih terus berlangsung di Tanah Air. Salah satunya adalah Solidaritas Rakyat Indonesia untuk Rakyat Palestina menggelar aksi damai di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kamis, 9 November 2023.

Aliansi gabungan dari berbagai organisasi itu menyerukan berbagai tuntutan untuk membela Palestina yang kini sedang berkonflik melawan Israel. "Free, free Palestine! Palestine will be free!" kata demonstran saat menyorakkan yel-yel. 

Aksi ini dimulai sejak pukul 14.00. Berdasarkan pantauan Tempo, puncak aksi dimulai sejak pukul 14.50 dengan diwarnai berbagai orasi dari organisasi yang bergabung. 

Demonstran menuntut agar Pemerintah Amerika Serikat mendorong gencatan senjata atas perang yang kini berlangsung antara Israel dan Palestina. Mereka juga menyinggung soal keberpihakan Amerika Serikat terhadap Israel dengan cara memberikan bantuan persenjataan. 

"Stop Genosida! Gencatan senjata sekarang juga! Hentikan dukungan kepada Israel," kata seorang orator di depan Gedung Kedubes AS. 

Demonstran memprotes soal Amerika Serikat dan negara-negara Barat lain yang mendukung pembunuhan massal terhadap rakyat sipil, terutama perempuan dan anak-anak. "Kini Amerika Serikat dan kroni-kroninya melanggengkan genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina," ujarnya. 

Tak hanya itu, orator aksi mengkritik keras Israel atas penyerangan terhadap tenaga medis dan rumah sakit yang merawat masyarakat sipil Palestina. "Media dan jurnalis juga menjadi target kekejaman Israel," ucapnya. 

Berdasarkan pantauan Tempo, massa aksi juga sempat meneriakkan tuntutan mereka kepada mobil-mobil yang keluar dari kawasan Kedubes Amerika Serikat. Mereka menyorakkan yel-yel dengan harapan pesan-pesan mereka dapat didengar oleh perwakilan AS itu. 

Massa aksi akhirnya membubarkan diri pada pukul 15.55. Mereka turut menggulung kembali poster tuntutan sebelum meninggalkan tempat.

Berdasarkan dokumen yang diterima Tempo, organisasi yang terlibat dalam aksi solidaritas untuk rakyat Palestina ini yakini Perempuan Mahardhika, FAMM Indonesia, Rumah KitaB, Rahima, Fahmina, Perhimpunan Jiwa Sehat | Forum Pengada Layanan, Serikat Jurnalis untuk Keberagaman (Sejuk), Yayasan Humanis, LBH APIK Jakarta, Asosiasi LBH Apik, Jala PRT, Yayasan PEKKA, KontraS, Bangsa Mahasiswa, Marsinah.id, YAPPIKA, World March of Women Indonesia, KIARA. 

Sumber: tempo
Foto: Solidaritas Rakyat Indonesia untuk Rakyat Palestina menggelar demonstrasi di depan Kedutaan Besar Amerika Serikat, Kamis, 9 November 2023. Mereka menuntut agar AS menghentikan genosida yang terjadi di Palestina dan menyetop bantuan kepada Israel. TEMPO/Savero Aristia Wienanto
×
Berita Terbaru Update
close