Viral Susunan Calon Menteri Prabowo-Gibran, Ketua Dewan Pakar PAN: Saya Yakin Itu dari Internal -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Viral Susunan Calon Menteri Prabowo-Gibran, Ketua Dewan Pakar PAN: Saya Yakin Itu dari Internal

Rabu, 27 Maret 2024 | Maret 27, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-27T15:08:58Z

Ketua Dewan Pakar PAN, Drajad Wibowo, meyakini jika nama-nama di jajaran kabinet Prabowo-Gibran kembali muncul di media sosial bersumber dari jajaran internal. Namun, ia tak bisa membenarkan terkait konteks susunan kabinet yang beredar tersebut.

"Saya tidak berhak dan tidak kompeten menjawab benar tidaknya. Tapi dari 1, nama-nama yang selama ini tidak banyak dikenal publik, 2, rekam jejak penyebaran poster, saya meyakini poster itu dari internal," kata Drajad kepada Suara.com, Rabu (27/3/2024).

Kendati begitu, Drajad tidak bisa menjelaskan secara rinci internal mana yang dimaksud tersebut.

"Saya tidak bisa mengelaborasi internal mana ya. Apakah ini semacam uji air? Silakan masyarakat menilainya," tuturnya.

Ia mengatakan, cuma Prabowo sendiri yang berhak menjawab apakah nama-nama yang beredar masuk dalam susunan kabinet tersebut benar atau tidaknya.

"Apakah pak Prabowo menyetujui nama-nama itu? Beliau yang berwenang menjawabnya. Cawapres terpilih mas Gibran dan para Ketum juga lebih kompeten menjawabnya," tuturnya.

Beredar di Medsos

Bocoran soal nama-nama di jajaran kabinet Prabowo-Gibran kembali muncul di media sosial. Salah satu akun di X (dulu Twitter) memposting tiga poster yang di dalamnya memuat nama-nama daftar menteri Prabowo-Gibran hingga kandidat kepala badan hingga wakil menteri.

Dalam poster bocoran kabinet Prabowo itu, ada sosok Presiden Keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Ia mengisi posisi Wakil Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) di bawah Jokowi selaku ketua.

Masuk nama Nusron Wahid sebagai Kepala Staf Presiden (KSP). Menko Perekonomian masih dijabat oleh Ketum Golkar, Airlangga Hartarto. Sementara nama Ketum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) diproyeksikan mengisi mengisi pos Menko Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam).

Beredar lagi susunan Kabinet Prabowo-Gibran di media sosial. (ist)

Lalu ada kursi Menteri Pertahanan yang di poster itu diisi oleh Letjen TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoedin. Sementara nama Sri Mulyani yang di kabinet Jokowi sebagai Menteri Keuangan tak ada dalam susunan itu.

Bebeberapa nama baru yang masuk dan menarik adalah Budiman Sujatmiko sebagai kandidat Menteri Desa dan Transmigrasi bersama dua nama lain yakni Fahri Hamzah dan Ahmad Doli Kurnia.

Ada juga sosok politisi PSI, Helmi Yahya sebagai kandidat Menteri Koperasi, UKM dan Pasar Tradisional bersama dua lainnya yakni Giring Ganesha dan Anggawira.

Ada juga nama Yusril Ihza Mahendra, Jimly Asshiddique dan Hinca Pandjaitan sebagai tiga kandidat Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Budiman Sudjatmiko sendiri sudah angkat bicara terkait namanya yang masuk bursa menteri di Kabinet Prabowo-Gibran.

"Wah saya malah tidak pernah diajak bicara tentang posisi itu, baik oleh Pak Prabowo maupun Mas Gibran," ujar Budiman sebagaimana dikutip dari pemberitaan Tempo pada Selasa (26/3/2024).

Dia mengatakan dirinya lebih banyak bicara tentang Sumber Daya Manusia (SDM), teknologi, dan politik luar negeri jika ngobrol bersama Prabowo dan Gibran.

“Membicarakan isu-isunya ya, bukan jabatan atau posisi apapun,” terangnya.

Sumbe: suara
Foto: Ketua Dewan Pakar PAN, Drajad Wibowo/Net
×
Berita Terbaru Update
close