Bagaimana Rudal ‘Usang’ Iran Menembus Pertahanan Udara Israel? Dezful, Emad, hingga Ghadr -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bagaimana Rudal ‘Usang’ Iran Menembus Pertahanan Udara Israel? Dezful, Emad, hingga Ghadr

Minggu, 21 April 2024 | April 21, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-21T16:41:17Z

Serangan Iran ke Israel pada 13 April waktu setempat atau 14 April pagi WIB, menuai beragam reaksi pakar hingga analis militer.

Meski banyak yang menilai hal itu kegagalan, tak sedikit juga yang menganggap serangan rudal balasan Iran terhadap Israel, yang dijuluki Operasi Janji Sejati, berhasil mengatasi sistem pertahanan udara terintegrasi negara tersebut.

Operasi Iran pekan lalu tersebut dinilai sangat berani karena menargetkan Israel, negara yang  diyakini memiliki kekuatan nuklir.

Situs Cradle, sebagaimana dikutip, mengungkapkan, intelijen sumber terbuka dari video dan foto mengidentifikasi beberapa hulu ledak yang menyerang pangkalan udara Ramon di Negev, bukan Nevatim, seperti yang dilaporkan sebelumnya, meskipun Tel Aviv mengkonfirmasi serangan terhadap Nevatim dan merilis gambar yang menunjukkan kerusakan kecil.

"Hal ini menunjukkan kegagalan sistematis pertahanan udara Israel terhadap lima rudal yang mengenai sasaran mereka, satu demi satu," tulis situs tersebut.

Mengutip pernyataan Brigadir Jenderal Ali Hajizadeh, komandan Pasukan Dirgantara Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) yang mengatakan," Kami menyerang Israel dengan menggunakan senjata usang dan sarana yang minim. Pada tahap ini, kami tidak menggunakan rudal Khorramshahr, Sejjil, Shahid Haj Qassem, Kheibar Shekan, dan Hypersonic-2.

Jadi rudal apa yang dikerahkan Iran dari persenjataan produksi dalam negerinya, dan mengapa?

Ghadr: Meski berusia 20 tahun, rudal ini terbukti efektif dengan mengerahkan hulu ledak umpan untuk menguras kemampuan pencegatan Arrow-2 Israel.

Saat melintasi ruang angkasa, Ghadr melepaskan sekitar 10 hulu ledak umpan untuk memikat Arrow-2 agar meluncurkan 10 pencegat masing-masing pada 10 umpan Iran – sehingga menguras persediaan amunisi musuh.


Gambaran dari pencegat Israel yang merespons serangkaian “cahaya di langit”, pada kenyataannya, sering kali hanya menembakkan umpan.

Hulu ledak Iran yang sebenarnya, jika tidak dapat dibedakan oleh sistem Arrow-2 dan dihancurkan oleh pencegatnya, akan mencapai targetnya.

Rudal tersebut masih relevan dalam persenjataan Iran karena dapat menciptakan target tambahan untuk pertahanan rudal musuh dan menekan pengoperasian aset dengan wilayah luas, seperti pangkalan udara.

Dezful: Sebuah rudal kompak dan hemat biaya dengan muatan 600 hingga 700 kilogram, tampaknya digunakan secara khusus untuk menyerang pangkalan intelijen Israel di Golan utara yang diduduki, menunjukkan penempatan strategisnya dalam batas jangkauannya.

"Ini adalah rudal presisi satu tahap yang berbiaya rendah dan berbobot hanya sekitar 6 ton, namun mampu mencapai Israel – sebuah kemajuan revolusioner bagi Iran ketika Dezful mulai beroperasi lima tahun lalu – tetapi tidak untuk Nevatim, karena jangkauannya sekitar 1.000 kilometer," tulis Cradle.

Emad: Berusia sekitar satu dekade, senjata ini digunakan untuk menguji tindakan balasan Iran terhadap sistem pertahanan udara yang lebih baru seperti Arrow-3 milik Israel dan SM-3 milik Amerika. Ia melepaskan "decoy" di luar angkasa untuk menghindari intersepsi sebelum masuk kembali ke atmosfer.

Kheibar-Shekan-1: (model awal, bukan Kheibar-Shekan-2): jawaban IRGC terhadap Arrow-3 Israel. Kheibar-Shekan-1 mulai beroperasi dengan IRGC Aerospace Force pada tahun 2022. Pesawat ini melawan Arrow-3 dengan terbang pada “lintasan tertekan”.

Selama fase terminal penerbangannya, Kheibar-Shekan-1 melakukan manuver aerodinamis yang dirancang untuk menghindari intersepsi dari berbagai sistem pertahanan, termasuk Arrow, Patriot, dan David’s Sling.

Manuver ini, disamakan dengan petinju yang menghindari pukulan, memperumit proses intersepsi dengan memaksa sistem pertahanan untuk menunda responsnya atau mengerahkan beberapa pencegat, sehingga mengurangi efektivitas keseluruhannya.

Kheibar-Shekan-1 memaksa pertahanan rudal diluncurkan dalam mode “peluncuran jarak jauh”, yang berarti diperlukan beberapa pencegat untuk melawan satu rudal.

Keberhasilan serangan yang dikaitkan dengan rudal ini, seperti yang ditunjukkan oleh Israel – dengan sembilan serangan yang dikonfirmasi – menggarisbawahi efektivitasnya dan mewakili evolusi yang signifikan dalam teknologi rudal meskipun merupakan generasi di belakang model IRGC terbaru.

Kemampuan manuver Kheibar-Shekan-1 menjadikannya kandidat yang paling mungkin mencapai keberhasilan serangan yang ditangkap oleh citra video.

Meskipun Israel memiliki sistem pertahanan udara terintegrasi, yang didukung oleh data dari stasiun pemantauan AS di Gurun Negev dan pemberitahuan 36 jam sebelumnya mengenai serangan dari Teheran, beberapa rudal Iran berhasil mengenai sasaran mereka.

Stasiun AS memantau peluncuran rudal Iran, dan data yang dikumpulkan dimaksudkan untuk meningkatkan respons defensif Israel.

"Namun meskipun ada dukungan dari koalisi multi-negara, termasuk Yordania yang mempertahankan wilayah udaranya dan Arab Saudi serta UEA yang memberikan informasi intelijen, pertahanan Israel berhasil ditembus."

Meskipun Israel terlibat dalam gangguan GPS sebelum serangan Iran, upayanya terbukti sia-sia.

Sejumlah pakar menilai, tindakan “perang elektronik” seperti itu tidak dapat melawan rudal balistik Iran. Meskipun model drone lama rentan terhadap hal ini, model drone Shahed-136 Iran telah “diperkuat” terhadap gangguan GPS.

Hal ini kemungkinan besar didasarkan pada pengalaman Rusia di teater militer Ukraina yang dibagikan dengan Pasukan Dirgantara IRGC.

Rudal IRGC menggunakan “sistem panduan inersia,” yang mengandalkan sistem panduan bawaan seperti giroskop dan komputer.

Sistem panduan inersia menerima masukan pada dan setelah peluncuran. Pada titik ini, mereka berhenti menerima data dari pangkalan peluncuran IRGC dan hanya mengandalkan sistem yang ada di dalamnya.

"Bahwa rudal-rudal tersebut mampu menempuh jarak 1.000 hingga 1.200 kilometer dan mencapai sasaran dengan akurasi tepat yang dipandu hanya oleh sistem yang ada di dalamnya adalah pencapaian superlatif Iran."

Media Iran, IRNA, mengatakan, Israel dan sekutunya mengklaim ratusan rudal dan drone diluncurkan oleh Iran.

Namun, menurut mereka, perkiraan yang menguntungkan pihak Iran menunjukkan bahwa hanya 50 hingga 60 rudal yang diluncurkan, dengan 9 hingga 15 rudal mengenai sasaran yang telah ditentukan.

"Artinya, klaim militer Israel mengenai tingkat intersepsi sebesar 99 persen akan turun menjadi sekitar 50 atau 60 persen jika perkiraan di atas akurat. Klaim Israel mengenai jumlah rudal mungkin berlebihan jika mereka menghitung umpan yang dikerahkan oleh rudal Ghadr. Jika demikian, gambarannya akan terlihat lebih buruk bagi kinerja pertahanan rudal Israel."

Sumber: tribunnews
Foto: Rudal balistik Iran diluncurkan ke Israel/Ist
×
Berita Terbaru Update
close