Berapa Harga Rumah Joglo Anies Baswedan? Kini Pendopo dan Genteng Terancam Diambil Pemda -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Berapa Harga Rumah Joglo Anies Baswedan? Kini Pendopo dan Genteng Terancam Diambil Pemda

Selasa, 16 April 2024 | April 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-16T09:39:13Z

Pernyataan Ahmad Dhani soal asal-muasal pendopo rumah Anies Baswedan tengah menjadi buah bibir. Pasalnya pentolan band Dewa 19 itu menyebut Pemerintah Kabupaten Ponorogo berniat untuk mengambil pendopo rumah Anies dalam kapasitas sebagai cagar budaya.

“Joglonya itu punyanya Kiai Hasan Besari. Anies Baswedan, itu kan rumah dia pakai joglo kan?” tutur Dhani, dikutip dari akun TikTok @ponorogomu, Selasa (16/4/2024).

“Ada desas-desus, Pemerintahan Ponorogo itu mau minta balik (pendopo rumah Anies Baswedan) atas nama cagar budaya,” sambungnya.
@ponorogomu Ahmad Dhani, musisi sekaligus politikus ungkap salah satu hal menarik dari capres Anies Baswedan. Ia bahkan tak segan mengungkap desas-desus yang diduga Anies Baswedan akan kehilangan rumah joglo sebagai tempat tinggalnya di Jakarta. SUMBER : Video Lagend @ 17/09/2021 #ponorogo #ponorogomu #ponorogo24jam #anisbaswedan ♬ original sound - Ponorogomu
Kiyai Ageng Hasan Besari yang disebutkan Dhani merupakan nenek moyang kiai-kiai besar Pondok Gontor. Pondok pesantren di Kabupaten Ponorogo ini memang bermula dari didirikannya Pondok Tegalsari oleh Kiyai Ageng Hasan Besari pada tahun 1680.

Lalu bagaimana ceritanya sampai properti bersejarah tersebut jatuh ke tangan Anies Baswedan?

Dikutip dari kanal YouTube-nya, Anies menyebut bahwa joglo tersebut pertama kali dipasang atau dibangun pada tahun 1743. “Dulu ini kediaman Kiai Besari di Tegalsari, Ponorogo, yang pondoknya itu adalah salah satu pondok tertua di Jawa,” terang Anies.

“Kemudian ditemukan waktu sudah jadi bongkahan. Jadi bukan kayak saya beli joglo, enggak, udah dibongkar, kayu-kayunya mau dipakai untuk furniture,” lanjutnya.


Selaras dengan cerita Anies di kesempatan berbeda, rumah joglo tersebut sudah hampir dijual sebagai kayu bekas seolah tak punya makna sejarah. Beruntung teman Anies menemukannya dan membangun ulang untuk dijadikan rumah joglo.

“Ketika dilihatin itu dia tahu material-materialnya, ini bukan joglo biasa. Sama dia dibawa ke Jogja, dirangkai ulang, terus diberikan ke saya. Itu kejadian 2009,” bebernya melanjutkan.

Sayangnya tak terungkap berapa uang yang mesti digelontorkan Anies untuk membeli rumah joglo tersebut dari temannya. Namun lewat ceritanya di sejumlah kesempatan, Anies kerap menyebut rumah joglo itu diberikan atau dititipkan oleh sang teman kepadanya.

Namun yang pasti, mengutip LHKPN-nya per 30 September 2023, kediaman Anies yang berlokasi di Jakarta Selatan itu dilaporkan dengan harga Rp11,12 miliar. Disebutkan bahwa rumah dan tanah seluas 1.600-an meter persegi itu dibangun dengan hasil sendiri.

Sumber: suara
Foto: Capres Anies Baswedan saat menggelar open house saat hari pertama lebaran, Rabu (10/4/2024). [Suara.com/Bagas]
×
Berita Terbaru Update
close