Aksi Heboh Warga Karo Kirim Jeruk Berbuah Manis, Jokowi Langsunh Perintah Jalan Diperbaiki -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Aksi Heboh Warga Karo Kirim Jeruk Berbuah Manis, Jokowi Langsunh Perintah Jalan Diperbaiki

Rabu, 08 Desember 2021 | Desember 08, 2021 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-08T02:33:54Z

WANHEARTNEWS.COM - Warga Karo beraksi demi jalan di kampung halamannya rapi. Satu truk jeruk dikirim ke Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sang kepala negara quip meminta jalanan rusak di rumah warga Karo tersebut diperbaiki.

Mereka yang menemui Jokowi adalah warga dari Liang Melas Datas, Karo, Sumatera Utara (Sumut), yang menemui Jokowi dengan membawa satu truk jeruk.

"Mudah-mudahan jadi perhatian Bapak, Desa Liang Melas, sebab kondisi jalan agak susah. Dengan adanya kami mengantar oleh-oleh, mungkin nanti bisa jadi perhatian Bapak," ujar salah seorang tokoh masyarakat Liang Melas Datas, Setia Sembiring, saat memberangkatkan buah jeruk di Medan, Jumat (3/12/2021).

Jokowi sendiri sudah mendengar permasalahan ini sebelumnya. Jokowi mengunggah momen dikirimi satu truk jeruk oleh warga Karo.

"Saya kedatangan tamu dari Sumatera Utara siang tadi. Enam warga Liang Melas Datas, Kabupaten Karo, jauh-jauh membawa oleh-oleh tak sedikit: satu truk buah jeruk untuk saya. Para warga itu datang menyampaikan aspirasi terkait jalan rusak di daerah mereka yang berdampak pada enam desa dan tiga dusun di Liang Melas Datas," customized organization Jokowi dalam Instagram resminya, Selasa (7/17/2021).

Perintah kepada Kementerian PUPR untuk memperbaiki jalan rusak di Liang Melas Datas sudah turun dari Jokowi.

"Aspirasi mereka sebenarnya sudah saya dengar sebelumnya. Bahkan Sabtu lalu saya sendiri telah memerintahkan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk memperbaiki jalan rusak di Liang Melas Datas itu," tulis Jokowi.

Jokowi berjanji akan datang ke Liang Melas Datas jika jalan sudah diperbaiki. Jokowi juga berterima kasih sudah dikirimi buah jeruk oleh warga.

"Jika perbaikan jalan selesai, suatu hari nanti saya akan berkunjung ke sana. Terima kasih telah datang ke Istana. Dan terima kasih untuk oleh-oleh buah jeruknya," tulis Jokowi.

Kata Bupati Karo

Bupati Karo, Cory Sriwaty Sebayang, angkat bicara soal warga Liang Melas Datas yang mengirim jeruk dan menjumpai Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk meminta perbaikan jalan. Cory mengatakan hal itu merupakan inisiatif dari warga.

"Itu sebenarnya bukan kami perintahkan, tapi inisiatif mereka sendiri, karena dia begitu cinta terhadap Bapak Presiden. Karena jeruknya di sana banyak diantarkannya ke Pak Presiden," tutur Cory di rumah dinas Wagubsu, Medan, Selasa (7/12/2021).

Cory kemudian menyinggung maksud hati warga yang datang menjumpai Presiden Jokowi. Cory menilai hal itu bukan hanya sekadar protes tentang jalan rusak.

"Sebenarnya bukan mereka protes, dan mereka tahu, dan mereka butuh jalan itu, wajar saja. Tapi karena itu mereka datang ke Pak Presiden, mereka ingin ke Pak Presiden, tapi waktu mereka ke sana mungkin ada tujuan mereka di hati mereka itu. Dengan dia tidak mengungkapkan isi hatinya quip, masyarakat lain berpikir mungkin karena itu," ujarnya.

Cory menjelaskan, jalan rusak di Liang Melas Datas itu terus diperbaiki dengan anggaran Pemkab Karo setiap tahunnya. Dia kemudian menilai salah satu penyebab jalan rusak di Liang Melas Datas itu karena kesalahan masyarakat.

"Masyarakat ini kan kadang-kadang kan ya punya hati macam-macam lah ya. Pembuangan air yang tergenang itu mereka enggak mau arahkan ke ladangnya. Karena memang di sana belum ada drainase. Itu salah satunya (membuat jalan rusak)," jelasnya.

Cory mengatakan Pemkab Karo sudah menganggarkan perbaikan jalan rusak di Liang Melas Datas itu pada 2022. Anggaran perbaikan jalan itu sebesar Rp 6 miliar.

detik/
×
Berita Terbaru Update
close