Buruan Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka, Simak 4 Faktanya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Buruan Daftar! Kartu Prakerja Gelombang 23 Dibuka, Simak 4 Faktanya

Jumat, 18 Februari 2022 | Februari 18, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-18T01:19:21Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Program Kartu Prakerja Gelombang 23 dibuka Kamis 17 Februari 2022. Pemerintah menyiapkan anggaran untuk program Kartu Prakerja pada 2022 sebesar Rp 11 triliun. Simak informasi selengkapnya di bawah ini.

1. Dibuka untuk 500 Ribu Peserta

Program Kartu Prakerja Gelombang 23 yang resmi dibuka Kamis 17 Februari 2022 tersedia untuk 500 ribu orang. Ada skala prioritas yang diutamakan untuk dapat mengikuti program tersebut.

Airlangga menjelaskan bahwa program Kartu Prakerja diutamakan untuk 220 kabupaten/kota yang sedang didorong agar kemiskinan ekstremnya turun. Namun dia belum menyebutkan rincian kabupaten/kota yang dimaksud.

"Program Kartu Prakerja di tahun ini sama seperti sebelumnya dan kuota di tahun 2022 ini di gelombang 23 ini minggu pertama 500 ribu, dan tentu kami akan memberikan keberpihakan untuk 220 kabupaten/kota yang memang direncanakan untuk dilakukan penurunan kemiskinan ekstrem," katanya dalam konferensi pers virtual, Kamis (17/2/2022).

2. Calon PMI Dapat Kuota 50 Ribu

Program Kartu Prakerja juga akan memberikan alokasi bagi 50 calon pekerja migran Indonesia (CPMI). Tujuannya untuk meningkatkan kompetensi mereka.

"Diharapkan dapat meningkatkan kompetensi calon pekerja migran Indonesia sehingga tentu ini akan memberikan jaminan kepada calon pekerja migran Indonesia, pada saat bekerja di negara masing-masing yang dituju sudah mempunyai kompetensi yang dibutuhkan untuk melaksanakan pekerjaan tersebut," paparnya.

Selain itu syarat penerima Kartu Prakerja adalah Warga Negara Indonesia (WNI) berusia 18-64 tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal. Sebagai program semi-bansos, Kartu Prakerja masih akan diprioritaskan bagi mereka yang belum menerima bantuan.

3. Nilai Bantuan Rp 3.550.000

Deputi Bidang Koordinator Ekonomi Digital, Ketenagakerjaan, dan UMKM Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Rudy Salahuddin, mengatakan tim pelaksana dan manajemen pelaksana telah melakukan persiapan sehingga pada hari ini gelombang 23 dapat dimulai.

Program Kartu Pra Kerja pada semester I-2022 dilaksanakan dengan skema semi bansos dan pelatihan on the web, sama seperti periode di tahun-tahun sebelumnya.

"Besar bantuan juga masih sama seperti periode sebelumnya yakni Rp 3.550.000 dengan rincian biaya pelatihan Rp 1 juta, insentif Rp 2,4 juta, dan juga insentif survei Rp 150 ribu," tambahnya.

4. Daftar di www.prakerja.go.id

Masyarakat yang ingin mendapatkan manfaat Kartu Prakerja harus mendaftar di situs www.prakerja.go.id. Saat ini sudah ada fitur pencarian pelatihan dan pencarian lowongan pekerjaan di dashboard penerima Kartu Prakerja. Pelatihan dapat dicari berdasarkan harga, rating, durasi, level, dan metode.

Cara Daftar Kartu Prakerja Gelombang 23:

Buat akun:

- Masukkan email

- Masukkan information KTP, Kartu Keluarga, nomor HP serta information diri lainnya untuk diverifikasi

- Ikuti tes motivasi dan kemampuan dasar

Gabung gelombang:

- Klik "Gabung Gelombang"

- Klik pernyataan persetujuan

- Dapatkan konfirmasi telah gabung gelombang 23

Pembukaan akan berlangsung selama beberapa hari dan expositions seleksi tidak berdasarkan siapa yang lebih dulu mendaftar. Anda kemudian tinggal menunggu pengumuman hasil seleksi gelombang 23 di dashboard.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close