'Omicron Siluman' BA.2 Sudah Dominan di RI, Siap-siap Lonjakan Kasus Balik Lagi?

'Omicron Siluman' BA.2 Sudah Dominan di RI, Siap-siap Lonjakan Kasus Balik Lagi?

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut subvarian 'Omicron siluman' BA.2 sudah menyebar, bahkan mendominasi, di Indonesia. Mengingat varian Omicron BA.1 sebelumnya menyebar amat cepat dan memicu lonjakan kasus, mungkinkah BA.2 memicu risiko serupa terkait kenaikan kasus COVID-19 RI?

"Subvarian BA.2 ini sudah ada di Indonesia. Hasil genome sequencing kita terakhir dalam dua bulan melihat sudah melakukan 8.032, di akhir-akhir proporsi BA.2 ini sudah dominan di Indonesia," ujar Menkes dalam konferensi pers virtual terkait Hasil Ratas Evaluasi PPKM, Senin (14/3/2022).

Lebih lanjut menurut Menkes, hingga kini penyebaran BA.2 di Indonesia tak nampak memicu kenaikan kasus layaknya BA.1 sebelumnya. Ke depannya quip, ia berharap lonjakan kasus COVID-19 tidak akan kembali terjadi di Indonesia.

"Alhamdulillah kita tidak melihat dan mudah-mudahan tidak akan melihat kenaikan kembali dari jumlah kasus (COVID-19)," pungkas Menkes.

Dalam kesempatan yang sama, Menkes menjelaskan subvarian BA.2 adalah pemicu lonjakan kasus COVID-19, salah satunya di Hong Kong yang kini tengah mencatat kasus kematian tinggi akibat COVID-19. Namun juga menurut Menkes, kondisi tersebut tak terlepas dari cakupan vaksinasi COVID-19 yang masih rendah, khususnya pada kelompok lansia di Hong Kong yakni sekitar 26 persen.

detik/

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close