Sederet Fakta-fakta Kilang Pertamina Kebakaran Lagi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sederet Fakta-fakta Kilang Pertamina Kebakaran Lagi

Sabtu, 05 Maret 2022 | Maret 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-05T01:21:16Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Kebakaran terjadi di region Kilang Balikpapan, Kalimantan Timur. Insiden tersebut menambah daftar panjang kebakaran di wilayah kilang. Berikut fakta-fakta terkait kebakaran tersebut:

1. Kilang Balikpapan Kebakaran, Api Berhasil Dikendalikan

Dalam keterangan yang diterima detikcom, Jumat (4/3/2022), PT Kilang Pertamina Internasional menyatakan, pihaknya bergerak cepat memadamkan programming interface dan memastikan Kilang Balikpapan saat ini dalam kondisi aman dan tetap dapat beroperasi. Peristiwa terjadi sekitar pukul 10.32 WITA.

Sistem penyiraman dengan pemadam statis langsung beroperasi dan dibantu dengan 4 unit truk pemadam terus menyiramkan air.

Programming interface yang sempat timbul telah berhasil dikendalikan sekitar pukul 11.00 WITA. Penyebab timbulnya programming interface saat ini belum diketahui dan masih menunggu hasil investigasi.

2. Umur Kilang Balikpapan 100 Tahun

Kilang Balikpapan dibangun tahun 1922. Dengan demikian, umur kilang ini 100 tahun pada tahun ini.

Tak heran, dengan umur kilang yang tua ,kualitas dan efisiensinya joke rendah. Maka itu, PT Pertamina (Persero) melakukan pengembangan.

"Jadi ini barang sudah sepuh bagaimana mau produktif, bagaimana mau efisien, energi efisiensinya rendah, kualitas produknya EURO II. EURO II itu sudah di banyak negara sudah ditinggalkan," individualized structure Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dalam acara Gathering Pertamina and Media di Balikpapan beberapa waktu lalu, seperti ditulis, Jumat (4/3/2022).

Dengan pengembangan Kilang Balikpapan, kualitas produk akan ditingkatkan menjadi EURO V. Kemudian, kapasitas pengolahannya akan ditingkatkan menjadi 360 ribu barel per hari. "Produksinya yang tadinya 260 ribu barel per hari akan meningkat 360 ribu barel per hari," ujarnya.

3. Ada 4 Kebakaran dalam Rentang Setahun

Kebakaran di region kilang bukanlah yang pertama terjadi. Dalam setahun ke belakang, ada 4 insiden kebakaran terjadi.

Kebakaran di wilayah Kilang Balongan terjadi pada 29 Maret 2021. Kemudian, disusul di region Kilang Cilacap pada 11 Juni 2021.

Beberapa bulan kemudian, kebakaran di region Kilang Cilacap terulang. Kebakaran terjadi pada 13 November 2021. Lalu, yang terbaru kebakaran di Kilang Balikpapan.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close