Takut di Nuklir Rusia, AS Tolak Tawaran Polandia Kerahkan Jet MiG-29 untuk Bantu Ukraina -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Takut di Nuklir Rusia, AS Tolak Tawaran Polandia Kerahkan Jet MiG-29 untuk Bantu Ukraina

Kamis, 10 Maret 2022 | Maret 10, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-09T23:59:48Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Amerika Serikat menolak tawaran mengejutkan dari sekutu NATO Polandia untuk mengerahkan fly tempur MiG-29 ke pangkalan AS di Jerman guna membantu Angkatan Udara Ukraina melawan agresi Rusia.

Amerika Serikat telah berusaha untuk mempercepat pengiriman senjata ke Ukraina. Tetapi prospek menerbangkan pesawat tempur dari wilayah NATO ke zona perang "menimbulkan kekhawatiran serius bagi seluruh aliansi NATO," customized organization Pentagon, Selasa, 8 Maret 2022.

NATO telah mengatakan tidak ingin konflik langsung dengan Rusia, sesama kekuatan bersenjata nuklir, dan Presiden Joe Biden telah mengesampingkan pengiriman pasukan AS ke Ukraina untuk berperang, sesuatu yang Pentagon katakan akan berlaku untuk pasukan di darat atau di udara.

"Tidak jelas bagi kami bahwa ada alasan substantif untuk itu," customized organization juru bicara Pentagon John Kirby tentang proposition Polandia.

"Kami akan terus berkonsultasi dengan Polandia dan sekutu NATO kami yang lain tentang masalah ini dan tantangan logistik yang sulit, tetapi kami tidak percaya proposition Polandia dapat dipertahankan."

Kementerian luar negeri Polandia menyatakan siap mengirimkan fly MiG-29 ke Pangkalan Udara Ramstein di Jerman dan menyerahkannya kepada Amerika Serikat. Mereka mendesak anggota aliansi lainnya yang memiliki pesawat untuk melakukan hal sama.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan proposition Polandia mengejutkan Amerika Serikat.

"Sepengetahuan saya, tidak ada konsultasi dengan kami sebelumnya bahwa mereka berencana untuk memberikan pesawat ini kepada kami," customized organization Wakil Menteri Luar Negeri untuk Urusan Politik Victoria Nuland pada sidang Komite Hubungan Luar Negeri Senat.

"Jadi saya pikir itu sebenarnya langkah mengejutkan Polandia," katanya.

Berikutnya: Ancaman Rusia pada negara yang bantu Ukraina

Kebuntuan itu menimbulkan pertanyaan tentang kelayakan permohonan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy bagi negara-negara Eropa untuk menyediakan pesawat buatan Rusia, sebuah masalah yang ia tekankan selama panggilan video Sabtu dengan anggota parlemen AS.

Anggota parlemen AS ingin mempercepat bantuan militer ke Ukraina dan mendorong pemerintah Biden untuk memfasilitasi move pesawat.

Tapi pengumuman Polandia juga bisa mencerminkan kepekaannya sendiri.

Polandia mendukung Ukraina dengan senjata pertahanan, tetapi mengatakan tidak akan mengirim fly karena tidak terlibat langsung dalam konflik Ukraina - yang bukan sekutu NATO - dan Rusia.

Kementerian pertahanan Rusia memperingatkan minggu ini bahwa negara-negara yang menawarkan lapangan udara ke Ukraina untuk serangan ke Rusia dapat dianggap telah memasuki konflik.

Nuland mengatakan masalah utama adalah untuk menilai apa kebutuhan mendesak Polandia yang akan diberikan karena berdekatan dengan konflik.

Secara terpisah, militer AS mengumumkan akan memposisikan ulang dua rudal Patriot ke Polandia untuk secara proaktif "melawan segala potensi ancaman terhadap pasukan AS dan Sekutu dan wilayah NATO."

msn/tempo

×
Berita Terbaru Update
close