Ngok...Ngok... KA Bogor-Sukabumi Segera Beroperasi, Ini Fakta-faktanya -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ngok...Ngok... KA Bogor-Sukabumi Segera Beroperasi, Ini Fakta-faktanya

Kamis, 07 April 2022 | April 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-07T03:23:46Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Kereta programming interface Bogor (Stasiun Paledang) - Stasiun Cicurug, Kabupaten Sukabumi akan segera beroperasi pada 10 April 2022. Jalur ganda kereta programming interface itu sudah diinspeksi oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, pada Minggu (3/4) lalu.

"Kereta programming interface lintas Bogor - Sukabumi adalah satu perjalanan yang penuh histori dan secara ekonomis banyak melayani pergerakan masyarakat maupun barang. Oleh karenanya, kami membangun jalur ganda dan melakukan sejumlah rekayasa guna mengurangi ketinggian jalur kereta, agar kapasitas bertambah dan kecepatannya meningkat," jelas Menhub.

1. Stasiun dengan Konsep Heritage

Selain menggunakan jalur ganda, stasiun-stasiun yang melayani lintas Bogor-Sukabumi dengan konsep legacy. Hal ini bertujuan agar bisa menjadi daya tarik wisata bagi masyarakat di Jakarta, Bogor, Sukabumi, dan sekitarnya.

"Di kawasan Cicurug ini sejarahnya dulu adalah pusatnya para seniman. Jadi kami ingin mengembangkan stasiun ini sekaligus akan mewadahi karya-karya para seniman seperti lukisan di kayu jati, dan lain sebagainya," ujar Menhub.

2. Panjang jalur kereta

Adapun lintasan jalur ganda Bogor - Sukabumi dengan all out sepanjang 57,650 kilometer spoor (km'sp) ini telah selesai dikerjakan sepanjang 26,6 km'sp pada segmen Paledang Bogor - Cicurug. Sedangkan untuk segmen parsial Cicurug - Sukabumi dengan all out sekitar 31,05 km'sp rencananya akan dikerjakan pada tahun ini.

Pembangunan jalur ganda Bogor-Cicurug-Sukabumi merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan pembiayaan yang berasal dari Surat Berharga Syariah Nasional dan APBN multiyears/tahun jamak.

3. Pangkas waktu tempuh

Kehadiran KA Bogor - Sukabumi yang nantinya akan dioperasikan oleh PT KAI ini, akan memangkas waktu tempuh perjalanan dari yang semula lebih dari 100 menit menjadi sekitar 80 menit saja. Selain itu, jalur ganda ini meningkatkan frekuensi KA penumpang dari 6 outing menjadi 12 excursion dan frekuensi KA barang dari 2 outing menjadi 8 outing. Selain itu, juga dapat meningkatkan jumlah rangkaian dari 6 menjadi 8 rangkaian.

4. Bisa dipakai buat mudik

Dengan adanya jalur ganda kereta ini, masyarakat Bogor bisa mudik ke Sukabumi begitu juga sebaliknya. Artinya, kereta programming interface Bogor-Sukabumi sudah dapat digunakan untuk mudik tahun 2022.

5. Bisa Jadi Wisata Sejarah

Walikota Bogor Bima Arya juga mengapresiasi Kemenhub yang menghubungkan kereta programming interface dengan wisata kesejarahan yang ada di sepanjang jalur kereta Bogor-Sukabumi. "Di Bogor nantinya akan ada wisata sejarah Batutulis yang diintegrasikan dengan stasiun melalui konsep Transit on Developmet/TOD Batutulis, " customized structure Bima Arya.

detik/

×
Berita Terbaru Update
close