Waspadai Cacar Monyet di Indonesia Sudah Menyebar dari Negara Tetangga!

Waspadai Cacar Monyet di Indonesia Sudah Menyebar dari Negara Tetangga!

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM -
Di tengah pandemi Covid-19 yang belum usai, World Health Organization (WHO) memperingatkan terkait penemuan kasus monkeypox nom de plume cacar monyet. Peringatan tersebut diberikan setelah seorang warga Massachusetts dinyatakan positif terinfeksi infection Monkeypox, sekaligus menjadi kasus pertama di Amerika Serikat (AS). Lantas bagaimana cacar monyet di Indonesia?

Dilansir dari USA Today, kasus pertama tersebut terjadi pada seorang pria dewasa. Departemen Kesehatan Masyarakat Massachusetts mengatakan bahwa sebelum terinfeksi pasien melakukan perjalanan ke Kanada. Lantas, bagaimana dengan cacar monyet di Indonesia?

Kemudian dilajukan uji lab pada Selasa, 17 Mei 2022 dan pria tersebut dinyatakan positif terinfeksi infection Monkeypox oleh Center for Disease and Prevention Control (CDC) AS pada Rabu (18/5/2022). Hingga saat ini pasien masih menjalani perawatan di rumah sakit. Pasien yang terinfeksi dalam keadaan baik.

Mengenal Cacar Monyet

Cacar monyet adalah kerabat dari cacar air yang berupa bintil berair. Namun seiring perkembangan penyakit, bintil berair berubah menjadi bernanah dan menimbulkan benjolan di sejumlah region lipatan tubuh, seperti leher, ketiak atau selangkangan akibat pembengkakan kelenjar getah bening.

Sama seperti cacar air, tingkat penularan dan kematian akibat cacar monyet cenderung kurang. Hanya saja acar ini dapat menular dari orang ke orang, namun sumber utamanya adalah hewan pengerat dan primata seperti monyet, tikus serta tupai yang terinfeksi.

Cacar monyet dapat menyerang siapa saja mulai dari anak hingga orang dewasa, namun penyakit ini jarang ditemukan. Monkeypox pertama kali ditemukan di Afrika pada tahun 1970 an.

Penyebab Cacar Monyet

Penyakit ini disebabkan oleh infection Monkeypox yang menyebar melalui percikan liur yang masuk melalui hidung, mata, mulut dan luka pada kulit. Penularan cacar monyet pada awalnya terjadi pada hewan ke manusia, melalui cakaran atau gigitan hewan yang terinveksi infection Monkeypox.

Kontak langsung dengan cairan tubuh hewan yang terinveksi atau benda yang terkontaminasi juga dapat membuat seseorang mengalami cacar monyet. Sedangkan penularan antarmanusia terbas dan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Gejala Cacar Monyet

Cacar monyet akan muncul di tubuh setelah 5 sampai 21 hari seseorang terinveksi infection Monkeypox. Berikut ini beberapa gejala awal yang akan dirasakan"

  • Demam
  • Letih dan lesu
  • Menggigil
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Pembengkakan kelenjar getah bening

Lantas bagaimana kasus cacar monyet di Indonesia? Simak ulasannya berikut ini.

Cacar Monyet di Indonesia

Selain AS, sejumlah negara juga sudah melaporkan penemuan kasus cacar monyet yang dialami warganya. Beberapa negara tersebut antara lain yaitu Kanada, Amerika Serikat (AS), Inggris, Portugal, Spanyol, dan Singapura.

Hingga saat ini belum di temukan kasus cacar monyet di Indonesia. Kementerian Kesehatan (Kemenkes) masih melakukan uapaya penelusuran penyakit Monkeypox ini menyusul adanya laporan penemuan kasus di sejumlah negara termasuk Asia.

Meskipun tergolong penyakit langka dan sulit menular, namun masyarakat diminta waspada terhadap penyebaran kasus ini. Sebab negara Indonesia juga termasuk daftar negara yang rentan terhadap penyebaran cacar monyet.

Demikian tadi ulasan mengenai kasus cacar monyet di Indonesia. Semoga informasi tersebut menambah kewaspadaan kita terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close