Tahun 1540 Yahudi Serbu Pasuruan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tahun 1540 Yahudi Serbu Pasuruan

Kamis, 07 Juli 2022 | Juli 07, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-07T13:49:42Z
Tahun 1540 Yahudi Serbu Pasuruan

Oleh: Ridwan Saidi - Budayawan 

FERDINAND Mendez Pinto (Fernão Mendes Pinto adalah seorang penjelajah dan penulis Portugis 1509 - 1583. Sejak 1539, Pinto tetap di Malaka di bawah Pedro de Faria, kapten Malaka yang baru diangkat. Pinto dikirim untuk menjalin kontak diplomatik, terutama dengan kerajaan-kerajaan kecil yang bersekutu dengan Portugis melawan kaum Muslim di Sumatera bagian utara. Pada tahun 1569, ia menemukan armada Ottoman yang dipimpin oleh Kurtoğlu Hızır Reis di Aceh.)

Ia menulis karya jurnalistiknya setebal 602 halaman "Adventures" yang  ditulis semasa, pas peristiwa. Ini makan korban, dari total rombongan satu brigantine, 5 tewas, hidup 3 termasuk Pinto.

Surat tugas dan biaya dari raja Portugal. Raja Portugal dapat info bahwa Yahudi Achem di Aljier Barat akan serang kekuatan Islam di timur. Cukong mereka Sherif, Yahudi Mesir kaya. 

Rombongan Achem di jalan terus-terusan mengangkut tentara bayaran. Sampai selat Malaka pecah dua. Ada yang ke Trengganu dan kemudian ke Rao, dan rombongan lain ke Jawa.

Tahun 1539 Trengganu Malaya diserang, sukses. Sultan terusir lalu mengumpulkan seluruh kekuatan Melayu di Malaya dan Indonesia. Sementara Yahudi terusir dan lari ke Rao.

Rao diserang Yahudi yang membuat raja wafat. Permaisuri ambil tongkat komando dan balik menghantam Yahudi. Yahudi menyerah dan Aladin pemimpinnya dihukum mati dengan menggodot lehernya sendiri. Begitu hukumnya. Kalau terhukum habis tenaga sedangkan nafas masih di kandung badan, maka baru algojo berikan finishing touch. Model hukum mati macam ini juga dilaporkan Ibnu Batuthah di lokasi sama abad-abad sebelumnya.

Kontingen yang ke Jawa ada yang bernama Unus. Tapi orang Achem biasa saling sapa dengan sebutan Pate. Di sini menjadi Fatah di kemudian harinya.

Tahun 1540 Yahudi Achem serbu Demak. Demak dari damak: pesta air. Damak biasanya di Koban Batur (Serambi Cuba), Demak.

Demak dikalahkan, lalu Achem siap menyerang Pasuruan.

Pasuruan zona ekonomi yang kaya, pemimpinnya Pambekel. Pambekel merupakan pendidikan sekolah militer Champa.

Ringkas cerita ribuan pasukan yang dipimpin Yahudi dihancurkan. Yang selamat lari sipat kuping ke Sumedang dan Jakarta. Pemimpin mereka ditangkap dan dihukum mati dengan potong leher swadaya.

Yang lari ke Jakarta pada 1540 bikin onar dan digebah ke luar Jakarta. Yang lari dan merusak Sumedang ditumpas pasukan Mataram. 

(FNN)



×
Berita Terbaru Update
close