Harga Minyak Anjlok ke US$96, Apakah di Indonesia Akan Ada Penurunan Harga? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Harga Minyak Anjlok ke US$96, Apakah di Indonesia Akan Ada Penurunan Harga?

Kamis, 04 Agustus 2022 | Agustus 04, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-04T01:11:54Z

Wanheart News

 WANHEARTNEWS.COM -
Harga minyak kembali merosot tajam setelah OPEC dan para sekutunya termasuk Rusia, yang dikenal dengan sebutan OPEC+, memutuskan untuk menambah lagi produksinya sebesar 100.000 barel per hari (bph) mulai September.

Meski demikian pendorong utama penurunan harga minyak yaitu information persediaan minyak mentah dan bahan bakar Amerika Serikat (AS) yang melonjak seiring turunnya ekspor dan permintaan bahan bakar.

Harga minyak berjangka Brent, yang menjadi acuan worldwide, turun lebih dari 4% ke level US$ 96,78 for every barel. Brent sempat turun hingga ke level US$ 96,5 for each barel. Sementara minyak mentah AS, West Texas Intermediate (WTI) kini diperdagangkan di level US$ 91,18 for every barel.

Kelompok OPEC+ memutuskan untuk menambah produksinya sebesar 100.000 bph mulai September 2022 dalam pertemuan pada Rabu (3/8). Ini menandakan Arab Saudi, salah satu anggota OPEC, tak mengindahkan bujukan Presiden AS Joe Biden beberapa waktu lalu untuk mengerek produksi lebih banyak lagi.

"(Penambahan) Itu sangat kecil sehingga tidak ada artinya. Dari sudut pandang materil itu tak berarti apapun, sebagai gestur politik, itu hampir menghina," customized structure direktur pelaksana energi, iklim, dan keberlanjutan di Eurasia Group, Raad Alkadiri, seperti dikutip Reuters, Kamis (4/8).

Menurut information OPEC, peningkatan sebesar 100.000 bph akan menjadi salah satu yang terkecil sejak kuota OPEC diperkenalkan pada 1982. "Ini adalah peningkatan yang lebih kecil tetapi bagaimanapun tetap ada peningkatan," customized structure penasihat senior Departemen Luar Negeri AS untuk keamanan energi Amos Hochstein seperti dikutip CNN.

Hochstein mengatakan OPEC telah memberikan kenaikan yang lebih besar dalam dua dari tiga bulan sebelumnya. "Saya pikir kami lebih fokus pada keuntungan, dan itu mengurangi harga minyak di pasar," customized structure Hochstein, menambahkan bahwa harga bensin AS turun jauh di bawah US$ 4 for each galon.

OPEC+ yang dibentuk pada 2017, telah meningkatkan produksi sekitar 430.000-650.000 bph per bulan, untuk mengembalikan pengurangan pasokan yang diperkenalkan ketika penguncian pandemi Covid-19 berakhir.

Namun, mereka telah kesulitan untuk memenuhi target penuh karena sebagian besar anggota telah kehabisan potensi yield mereka setelah bertahun-tahun kekurangan investasi baru.

Ditambah dengan gangguan terkait dengan invasi Rusia ke Ukraina pada bulan Februari, kurangnya pasokan cadangan telah mendorong pasar energi dan mendorong inflasi di seluruh dunia.

Sementara itu, Administrasi Informasi Energi (EIA) mengatakan persediaan minyak mentah AS naik secara tak terduga pekan lalu karena turunnya ekspor dan produksi, sementara stok bensin juga mencatat kenaikan yang mengejutkan karena permintaan melambat.

Stok minyak mentah naik 4,5 juta barel pekan lalu, dibandingkan dengan perkiraan analis untuk penurunan 600.000 barel. Stok bensin naik 200.000 barel, dibandingkan ekspektasi untuk penurunan 1,6 juta barel.

"Jumlah minyak mentah jauh di atas ekspektasi. Bensin mengecewakan. Anda seharusnya tidak pernah melihat peningkatan bensin selama musim panas. Ini laporan yang sangat negative," customized structure Bob Yawger, direktur energi berjangka di Mizuho. msn/KD

×
Berita Terbaru Update
close