Puan Ibaratkan Laki dan Perempuan seperti Sayap, 'Jika Patah Satu Tak Dapatlah Terbang Burung Itu'

Puan Ibaratkan Laki dan Perempuan seperti Sayap, 'Jika Patah Satu Tak Dapatlah Terbang Burung Itu'


WANHEARTNEWS.COM - Ketua DPR RI Puan Maharani menyinggung ketersedian ruang demokrasi bagi perempuan di segala bidang. Dia mendorong adanya kesetaraan gender.

Hal itu disampaikan Puan dalam pidatonya saat Sidang Tahunan MPR RI dan Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka peringatan HUT ke-77 RI, serta Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI yang digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Selasa (16/8/2022).

"Demokrasi menjamin partisipasi warga bangsa dalam mengartikulasikan hak politik, hak sosial, hak budaya, dan hak ekonomi. Bahkan juga memberikan ruang artikulasi kaum perempuan dalam segala bidang," kata Puan.

DPRD Sumut Belajar Perda Gender ke Jateng, Ganjar Paparkan Nginceng Wong Meteng dan Apem Ketan

Puan menegaskan, menyerahkan perempuan dalam setiap jabatan bukan hanya sebatas kebijakan afirmatif. Melainkan suatu kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia.

"Perempuan Indonesia telah banyak aktif dan mengambil peran yang strategis di segala bidang ekonomi, sosial, politik, lingkungan hidup, olah raga, ilmu pengetahuan, riset dan sebagainya," kata Puan.

Puan lantas mengibaratkan peran laki-laki dan perempuan seperti sayap seekor burung. Jika kedua sayapnya sama kuat, maka bisa terbang tinggi. "Jika patah satu dari pada dua sayap itu, maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali," kata Puan.

"Inilah semangat yang juga harus kita tanamkan bersama dalam membangun kehidupan demokrasi di Indonesia, di mana perempuan dan laki-laki dalam harkat, martabat, kemajuan dan kesejahteraan yang sama," pungkasnya.

Sumber: era
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close