Ekonom: Bansos Itu hanya Melindungi Orang Miskin Selama 4 Bulan, Tapi Tidak Mensejahterakan -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ekonom: Bansos Itu hanya Melindungi Orang Miskin Selama 4 Bulan, Tapi Tidak Mensejahterakan

Senin, 05 September 2022 | September 05, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-05T05:31:49Z

WANHEARTNEWS.COM - Bantuan sosial yang kembali dianggarkan pemerintah untuk mengantisipasi dampak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tak efektif menahan lonjakan angka kemiskinan.

Begitu pendapat Direktur Eksekutif Center of Economic and Law Studies (Celios), Bhima Yudhistira, saat dihubungi Kantor Berita Politik RMOL, Senin (5/9).


"Bansos yang hanya melindungi orang miskin dalam waktu 4 bulan, tidak akan cukup dalam mengompensasi efek kenaikan harga BBM," ujar Bhima.

Sebagai contoh, ekonom jebolan Universitas Indonesia ini menyebutkan, kelompok masyarakat kelas menengah yang rentan ekonominya akan semakin berdampak, mengingat sebelum kenaikan harga Pertalite masih sanggup membeli di harga 7.650 per liter.

"Sekarang harga Pertalite naik menjadi Rp 10.000 per liter, mereka turun kelas jadi orang miskin," tuturnya.

Menurut Bhima, data orang rentan miskin ini sangat mungkin tidak ter-cover ekonominya oleh bantuan langsung tunai (BLT) BBM yang dibuat pemerintah.

"Karena adanya penambahan orang miskin pasca kebijakan BBM subsidi naik. Pemerintah perlu mempersiapkan efek berantai naiknya jumlah orang miskin baru dalam waktu dekat," demikian Bhima. 

Sumber: RMOL
×
Berita Terbaru Update
close