Presiden Filipina Marcos Jr Pilih Indonesia Jadi Kunjungan Pertama: Terasa Seperti di Rumah

Presiden Filipina Marcos Jr Pilih Indonesia Jadi Kunjungan Pertama: Terasa Seperti di Rumah


WANHEARTNEWS.COM - Presiden Filipina Ferdinand Romualdez Marcos Jr memilih Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjunginya sejak dilantik pada 30 Juni 2022. Putra dari diktator Filipina Ferdinand Marcos Sr itu mengatakan kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi ada banyak alasan dirinya memilih Indonesia menjadi lokasi pertama.

"Salah satunya karena kita dekat, tak hanya secara geografis, tapi juga budaya dan etnis," kata dia dalam pertemuan bilateral dengan Jokowi di Istana Bogor, Jawa Barat, Senin, 5 September 2022.

Marcos Jr lantas berterima kasih kepada Jokowi yang telah menyambutnya dengan hangat. Marcos Jr yang sudah datang ke Indonesia sejak hari Minggu, 4 September, mengatakan dirinya juga baru kali ini ke Indonesia. "Ini terasa seperti di rumah," kata dia.

Ia pun mengingatkan Jokowi bahwa hubungan masyarakat kedua negara sudah terjalin begitu lama bahkan sebelum kedua negara terbentuk. "Jadi sangat natural bagi kami Filipina untuk datang," ujarnya.

Marcos Jr pun berharap kerja sama Indonesia dan Filipina akan semakin kuat setelah kunjungan ini. Ia mengakui salah satu tujuannya berkeliling ke beberapa negara di kawasan adalah sebagai respons atas ekonomi di negaranya yang juga ikut melemah akibat pandemi.

Setali tiga uang, Jokowi juga menyampaikan harapan yang sama. "Saya percaya hubungan kedua negara Indonesia dan Filipina akan semakin erat."

Kepada Marcos Jr, Jokowi  pun juga menyampaikan ucapan duka cita atas meninggal Mantan Presiden Filipina ke-12 pada Juli yang lalu yaitu Fidel Ramos. Fidel meninggal dunia persisnya pada 31 Juli 2022.

Sumber: tempo
Posting Komentar (0)
Lebih baru Lebih lama

Daily News

quiz

sobar

bebegig

$results={3}
close