Luhut Bantah JK Industri Nikel Dipenuhi Pekerja China: Pergi Lihat Sana! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Luhut Bantah JK Industri Nikel Dipenuhi Pekerja China: Pergi Lihat Sana!

Minggu, 30 Oktober 2022 | Oktober 30, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-30T00:18:27Z

WANHEARTNEWS.COM - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, membantah pernyataan Jusuf Kalla yang menyebut pekerja smelter nikel adalah pekerja dari Cina. Menurut Luhut, saat awak smelter berdiri memang banyak pekerja Cina yang dipekerjakan. Namun, saat ini pekerja di lokasi tersebut banyak yang merupakan warga lokal.

"Engga betul, kalau waktu constructor dulu, awal-awal tahun 2014 ya, sekarang sudah banyak orang Indonesia, pergi lihat sana," ujar Luhut saat ditemui usai acara Demi Indonesia di Jakarta Selatan, Sabtu, 29 Oktober 2022.

Pada Jumat kemarin, Jusuf Kalla atau JK mengkritik pengelolaan nikel di Indonesia yang banyak dilakukan oleh pekerja dari Cina. Mereka, kata JK, bekerja di sektor smelter.

"Ini (Indonesia) daerah kaya nikel, tapi yang kerja semua Cina, dari daratan sampai tukang las," kata eks Wakil Presiden itu dalam peringatan HUT ke-70 Kalla Group, di Jakarta Pusat, Jumat, 28 Oktober 2022. 

JK menyebut Kalla Group sedang melakukan pengerjaan smelter nikel mandiri. JK mengklaim smelter yang pihaknya bangun dibuat oleh anak negeri dan pekerjanya pun diambil dari warga sekitar. "Kita bikin smelter, kita belajar sendiri. Insya Allah tahun depan smelter pertama milik nasional akan beroperasi," kata JK.

Sumber: tempo
×
Berita Terbaru Update
close