Protes Langka Meminta Xi Jinping Mundur, Polisi Cina Buru Demonstran -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Protes Langka Meminta Xi Jinping Mundur, Polisi Cina Buru Demonstran

Senin, 17 Oktober 2022 | Oktober 17, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-16T23:49:05Z

WANHEARTNEWS.COM - Sebuah aksi demonstrasi yang langka dan dramatis terjadi di Cina yang mengkritik kebijakan nol Covid dan menuntut Presiden Xi Jinping untuk mundur. Para pengunjuk rasa menuliskan dua tuntutan tersebut pada dua spanduk besar yang dipasang di Jembatan Sitong di distrik Haidian di Beijing.

Protes ini terjadi pada Kamis (13/10), pada malam kongres Partai Komunis, di mana Xi akan diberikan masa jabatan ketiga sebagai ketua partai, memperkuat kuasanya di Cina.

Foto dan video aksi ini beredar luas secara online, memicu perburuan identitas para pengunjuk rasa dan sensor pada platform media sosial dan aplikasi WeChat yang digunakan sebagian besar warga Cina.

Dalam foto dan video tersebut menunjukkan para pengunjuk rasa membakar ban mobil, dan terdengar meneriakkan slogan-slogan menggunakan pengeras suara. BBC melaporkan bahwa satu orang telah ditangkap terkait protes tersebut.

Banyak yang memuji aksi protes ini dan menyebut mereka sebagai pahlawan dan “manusia tank” baru, mengacu pada aksi pria Cina tak dikenal yang menghadang laju tank selama protes Tiananmen pada 1989 silam.

Detektif online telah berusaha melacak orang tersebut, dengan fokus pada seorang peneliti dan fisikawan Tiongkok yang berasal dari sebuah desa di provinsi utara Heilongjiang. Pemeriksaan BBC dengan pejabat desa mengkonfirmasi bahwa seorang pria dengan nama itu dulu tinggal di sana.

Dia telah memposting apa yang tampak seperti manifesto di situs penelitian populer ResearchGate. Ini kemudian dihapus, meskipun yang lain telah mengunggah salinannya.

Dalam dokumen setebal 23 halaman, ia menyerukan pemogokan dan tindakan pembangkangan sipil - seperti menghancurkan stasiun pengujian Covid - pada hari Minggu besok untuk menghentikan kediktatoran Xi Jinping dari melanjutkan jabatannya secara ilegal, sehingga Cina dapat memulai jalan menuju demokrasi dan kebebasan.

Beberapa orang Cina telah berkumpul di dua akun Twitter pria itu, memposting apa yang mereka klaim sebagai fotonya dan menulis ratusan pesan terima kasih.

“Kamu adalah pahlawan dan kamu mendapatkan rasa hormatku,” tulis satu orang, sementara yang lain berkata “salut untuk pahlawan rakyat! Semoga kamu bisa kembali dengan selamat!”

Sensor Pemerintah Cina

Nama pria itu termasuk di antara materi terkait protes yang telah disensor secara online. Tidak ada referensi tentang insiden tersebut yang dapat ditemukan di situs media sosial Cina Weibo pada Jumat pagi.

Rekaman dan gambar protes dan kata kunci terkait termasuk “Haidian”, “pemrotes Beijing” dan “jembatan Sitong” dengan cepat dihapus. Frase tangensial terkait dengan protes, termasuk “jembatan” dan “pahlawan", juga memberikan hasil yang terbatas.

Meskipun media Cina belum melaporkan insiden itu, mantan editor Global Times Hu Xijin tampaknya merujuknya ketika dia mentweet pada Kamis malam bahwa sebagian besar orang Cina mendukung pemerintahan Partai Komunis dan mengharapkan stabilitas dan menentang pergolakan.

Banyak orang Cina telah melaporkan bahwa akun mereka di platform media sosial atau WeChat - aplikasi perpesanan terbesar di Cina - telah diblokir sementara setelah mereka membagikan gambar protes atau memposting pesan yang menyinggung protes tersebut.

Protes dramatis seperti itu - dan kritik publik terhadap pemerintah – sangat jarang terjadi di Cina, meskipun kebijakan "nol Covid" Cina yang keras telah memicu meningkatnya frustrasi publik.

Pada tahun 2018 seorang wanita yang merusak poster Xi, mengatakan bahwa dia menentang "tirani"-nya, kemudian dirawat di rumah sakit jiwa.

Tindakan pengunjuk rasa Beijing datang pada waktu yang sangat sensitif secara politik, dengan ribuan petugas polisi diperkirakan akan dikerahkan di seluruh ibu kota menjelang kongres partai selama seminggu.

Sumber: katadata
×
Berita Terbaru Update
close