Bantah Tesla Bikin Pabrik di India, Luhut: Itu Cuma Showroom -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bantah Tesla Bikin Pabrik di India, Luhut: Itu Cuma Showroom

Jumat, 23 Juni 2023 | Juni 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-23T13:19:39Z

WANHEARTNEWS.COM - Menko bidang Maritim dan Investasi (Marves) Luhut B. Pandjaitan menyangkal, Tesla bakal bangun pabrik di India. Dirinya menyebut, perusahaan Elon Musk itu hanya buka showroom Tesla di India.

Sebelumnya, Elon Musk telah melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi, di New York, AS, Rabu (21/6). Pertemuan itu disebut sebagai langkah awal Musk membangun pabrik Tesla di India.

Sebelumnya, Elon Musk optimis Tesla akan masuk India secepat mungkin. Sebab, India dinilai memiliki potensi kuat untuk masa depan energi berkelanjutan termasuk untuk ekosistem kendaraan listrik. Di sisi lain, Indonesia terus berupa melobi Musk untuk menanam modal di Indonesia dengan membangun pabrik kendaraan listrik di RI.

Menanggapi hal tersebut, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan memastikan bahwa pertemuan Elon Musk dengan Modi bukanlah rencana untuk membangun pabrik Tesla di India, tetapi mendirikan showroom.

"Enggak, enggak nggak ada. Mereka itu adalah apa buka showroom," 
-Luhut saat ditemui di Stasiun KCIC Halim, Jakarta Timur, Kamis (22/6)-

Posisi Indonesia sendiri soal investasi Tesla, disebut Luhut sudah ada komitmennya tapi masih dalam proses negosiasi. Meski begitu, hingga kini belum ada titik terang mengenai detail investasi perusahaan raksasa tersebut. Luhut hanya menegaskan, Elon Musk belum berencana mundur dari rencana tersebut.
"Kita masih tetap lah, masa enggak," tegas Luhut kepada awak media usai sidang kabinet di Istana Negara Jakarta, Kamis (2/3).

Dia juga enggan membeberkan lebih lanjut terkait progres pembahasan rencana investasi Tesla di Indonesia. Dia hanya menyebutkan, kepastian akan diberikan setelah pemerintah mengumumkan kebijakan insentif kendaraan listrik (EV).

Elon Musk Tertarik Investasi di India

Elon Musk mengungkapkan Tesla sebagai salah satu produsen mobil listrik terbesar di dunia siap menanamkan modal di India. Bahkan, dia optimistis Tesla akan masuk India secepat mungkin.

Mengutip Reuters, Rabu (21/6), bos Tesla tersebut juga telah bertemu dengan Perdana Menteri India, Narendra Modi, di New York. Seorang sumber sebelumnya mengatakan bahwa Musk akan menemui Modi guna menyampaikan rencana pembangunan pabrik di India.

"Saya yakin Tesla akan masuk ke India dan akan melakukan investasi secepat mungkin," kata Musk ketika ditanyai wartawan soal rencana investasi Tesla di India.

"Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada perdana menteri atas dukungannya dan berharap kami bisa mengumumkan sesuatu dalam waktu dekat ini," imbuhnya.

Musk menilai, India memiliki potensi kuat untuk masa depan energi berkelanjutan termasuk tenaga surya, paket baterai stasioner, dan kendaraan listrik. Tak hanya mobil listrik, Musk juga berharap bisa membawa layanan internet satelit Starlink SpaceX ke India.

"Dia (Modi) sangat peduli dengan India karena dia mendorong kami untuk melakukan investasi yang signifikan di India, yang merupakan sesuatu yang ingin kami lakukan," ungkap Musk.

Kementerian luar negeri India mengatakan Modi telah mengundang pembuat kendaraan listrik untuk mengeksplorasi investasi di sektor mobilitas listrik dan ruang komersial negara itu.

Sumber: kumparan
×
Berita Terbaru Update
close