Prabowo Subianto Sukses Nego ke AS untuk Pembelian Jet Tempur F-15EX Baru -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Prabowo Subianto Sukses Nego ke AS untuk Pembelian Jet Tempur F-15EX Baru

Rabu, 23 Agustus 2023 | Agustus 23, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-23T02:19:23Z

Pengamat militer Khairul Fahmi menilai keberhasilan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto melobi Amerika Serikat (AS) untuk menjual 24 pesawat tempur F-15EX buatan Boeing adalah buah dari kegigihan Prabowo dalam berdiplomasi.

Fahmi menjelaskan, pembelian alat utama sistem persenjataan (alutsista) dari AS membutuhkan proses yang panjang, bahkan melelahkan.

Syarat dan ketentuan yang beragam disebut Fahmi menjadi sebuah refleksi yang menggambarkan jika kepentingan nasional AS merupakan hal yang lebih prioritas dibandingkan dengan kepentingan negara pembeli alutsista itu sendiri, termasuk Indonesia.

“Dibutuhkan keuletan dan kesabaran ekstra untuk sampai pada kesepahaman komitmen dalam rencana pembelian alutsista dari AS,” kata Fahmi dalam keterangannya, Selasa (22/8/2023).

“Penandatangan MoU pembelian F-15EX yang dirilis Prabowo pagi ini, menurut saya merupakan buah dari kegigihan diplomasi Prabowo,” sambungnya.

Fahmi menyarankan Prabowo Subianto agar bisa meyakinkan Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani agar memprioritaskan rencana akuisisi ini.

“Di dalam negeri sendiri, tidak mudah juga meyakinkan Kementerian Keuangan untuk bisa memprioritaskan rencana akuisisi sejumlah alutsista baru termasuk F15EX ini,” kata Fahmi.

Dalam kunjungan kerjanya ke AS, Prabowo menyaksikan langsung penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 unit pesawat tempur F-15EX antara Kemhan RI dengan Boeing AS yang digelar di Boeing, St. Louis, Missouri pada Senin waktu setempat.

“Penandatanganan MoU komitmen pembelian 24 Unit Pesawat Tempur F-15EX,” tulis Prabowo dalam akun instagram pribadinya, @prabowo, Selasa (22/8).

Pesawat tempur F-15EX merupakan versi paling muktahir dari pesawat F-15 yang pernah dibuat oleh Boeing.

Pesawat ini memiliki sejumlah keunggulan, di antaranya sistem avionik yang canggih, fitur kontrol penerbangan digital fly-by-wire, sistem peperangan elektronika, kokpit kaca digital, serta sistem misi dan kemampuan lunak terkini.

Dengan beragam keunggulan tersebut, F-15EX disebut sebagai salah satu pesawat tempur paling canggih di dunia saat ini. ***

Sumber: pojoksatu
Foto: Menhan Prabowo borong 24 jet tempur F-15EX dari Amerika Serikat. Netizen mengingatkan jangan salah pilih Cawapres di Pilpres 2024. (instagram)
×
Berita Terbaru Update
close