Kronologi Atlet Tinju Asal Bondowoso Meninggal di Atas Ring, Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kronologi Atlet Tinju Asal Bondowoso Meninggal di Atas Ring, Sempat Dilarikan ke Rumah Sakit

Selasa, 12 September 2023 | September 12, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-12T14:38:50Z

Kabar duka datang dari dunia tinju Tanah Air. Atlet tinju asal Bondowoso dikabarkan meninggal dunia saat tampil di ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jatim VIII.

Atlet bernama Farhat Mika Rahel Riyanto menghembuskan nafas terakhir usai mendapat perawatan di salah satu rumah sakit di Jombang, Selasa (12/9/2023) sekitar pukul 02.30 WIB.

Ketua Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) Bondowoso, Slamet Riyadi mengatakan, mendiang Farhat sempat mengikuti pertandingan kedua di Porprov VIII Jatim yang berlangsung di Jombang pada Senin (11/9/2023).

"Namun di pertandingan kedua ini, sampai ronde ketiga almarhum merasa pusing," ujarnya dikutip dari Times Indonesia--jaringan Suara.com.

Siswa SMA Negeri 1 Tenggarang itu kemudian roboh di depan dan pingsan di atas ring tinju. Melihat itu, tim medis kemudian melarikan Farhat ke RSUD Jombang untuk mendapat perawatan lanjutan.

Hasil pemeriksaan, ditemukan ada pendarahan pada bagian kepala sang atlet.

"Masuk rumah sakit itu sore sekitar pukul lima, dan setengah tiga beliaunya almarhum," katanya.

Jenazah almarhum kemudian dipulangkan ke rumah duka dan langsung dimakamkan pada siang hari pukul 10.30 WIB. Tampak guru dan teman-teman sekolahnya mengantarkan Farhat hingga ke peristirahatan terakhirnya.

Di sisi lain, Ketua Umum KONI Jatim, M. Nabil mengungkapkan  Farhat tiba-tiba pingsan saat menjalani pertandingan melawan Kabupaten Blitar di babak delapan besar.

"Tahapan standar keamanan, kesehatan, pertandingan sudah dipenuhi prosedurnya, termasuk kelayakan bertanding dilakukan. Mulai pemeriksaan kesehatan fisik dan catatan pertandingan sebelumnya sudah dicek. Timbang badan tidak akan dilakukan jika pemeriksaan kesehatannya tidak bagus," jelas Nabil.

Saat pertandingan di ronde pertama dan kedua, Farhat sebenarnya unggul secara penilaian. Namun di ronde ketiga dia tiba-tiba pingsan.

Tim medis langsung melakukan penanganan di tempat, dengan memberikan bantuan pernafasan dengan tabung oksigen yang sudah disiapkan oleh pihak panitia. Tapi karena kondisinya tak juga pulih, diputuskan untuk melarikan mendiang Farhat ke RSUD Jombang.

Tim dokter RS Jombang pun melakukan CT Scan, yang hasilnya ditemukan pendarahan di otak sang petinju. Dari situ, atlet tersebut kemudian dirawat di ruang ICU, namun sampai pukul 02.30 WIB kesadaran sang petinju juga pulih. Setelah ditunggu dua jam akhirnya atlet tersebut dinyatakan meninggal dunia.

Akibat insiden tersebut, KONI Jatim menghentikan sementara pertandingan cabang olahraga (Cabor) tinju menyusul meninggalnya atlet asal Bondowoso, Farhat Mika Rahel Riyanto.

Sumber: suara
Foto: Mendiang Farhat Mika Rahel (sudut merah) saat melakoni pertandingan terakhirnya sebelum pingsan dan meninggal di rumah sakit. [Istimewa]
×
Berita Terbaru Update
close