Pakar Telematika Ungkap Foto Lain Pertemuan SYL dan Firli di Lapangan Badminton: 100 Persen Asli! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pakar Telematika Ungkap Foto Lain Pertemuan SYL dan Firli di Lapangan Badminton: 100 Persen Asli!

Minggu, 08 Oktober 2023 | Oktober 08, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-08T13:17:30Z


WANHEARTNEWS.COM - Beredar foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL), yang duduk santai di sebuah lapangan badminton. 


Foto ini beredar ditengah isu kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian (Kementan).


Kini, foto Ketua KPK dan Syahrul Yasin Limpo itu sedang ditelusuri penyidik Polda Metro Jaya.


Penelusuran kebenaran foto Ketua KPK duduk santai dengan politikus Partai Nasional Demokrat (NasDem) itu dilakukan sehubungan dengan dinaikannya kasus dugaan pemerasaan oleh oknum pimpinan KPK. Hingga Mabes Polri turun tangan mengusut kasus ini.


Penelusuran akan dilakukan guna memastikan ada atau tidaknya pelanggaran pidana. Pasalnya, pimpinan KPK tidak boleh berhubungan dengan pihak berperkara.


Terkait foto itu asli atau tidak, pakar telematika Roy Suryo dengan tegas menyatakan bahwa itu asli 100 persen.


“Jawaban saya jelas bahwa, foto tersebut 100 % asli. Tetapi memang bukan 2 orang saja, namun setidaknya minimal ada 4 orang di ruangan tersebut yakni FB, SYL, orang yang duduk sebelah kanan dan orang yang memotretnya,” kata Roy Suryo, Minggu (8/10/2023).


Roy Suryo juga mengungkapkan foto lain di tempat yang sama dengan jumlah lebih dari dua orang.


“Memang kedua foto terpaut beberapa saat (tidak berurutan), tampak sebelumnya (di foto kanan) SYL masih menggunakan Jaket dan sesudahnya dilepas, juga benda-benda diantaranya juga sudah berubah, meski bangkunya sama,” tukas Roy Suryo.


Sebelumnya, Subdit Tindak Pidana Korupsi Ditreskrimsus Polda Metro Jaya resmi menaikan status perkara dugaan pemerasaan Mentan Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) ke tahap penyidikan. Artinya ditemukan unsur pidana dalam kasus ini.


Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak mengatakan, keputusan ini diambil oleh penyidik setelah melakukan gelar perkara pada Jumat (6/10). Penyidik juga telah memeriksa 6 saksi dalam perkara ini.


“Dari hasil gelar perkara dimaksud selanjutnya direkomendasikan untuk dinaikan statusnya penyelidkan ke tahap penyidikan,” kata Ade Safri di Polda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu (7/10).


Dalam perkara ini diduga terjadi pelanggaran Pasal 12 huruf e atau pasal 12 huruf B atau Pasal 11 UU Nomor 31 tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU nomor 20 tahun 2021 tentang perubahan atas UU Nomor 29 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi juncti Pasal 65 KUHP.


Terungkap, Ini Identitas Rekan Main Bulutangkis Firli Bahuri saat Pertemuan dengan SYL



Publik tengah hangat memperbincangkan beredarnya foto Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri bertemu dengan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) di GOR bulutangkis kawasan Jakarta.


Terungkap saat itu ada beberapa orang yang bersama dengan mereka. Dua orang tersebut yakni Edi Hartono alias Ko Kempong, Trikus Haryanto, dan Dwiki Juang. 


Ketiganya memang biasa bermain bulutangkis bersama Firli Bahuri. Selain itu, kondisi GOR saat pertemuan memang ramai dengan orang lain yang juga berolahraga.


Edi Hartono mengaku dirinya mengetahui persis suasana pada foto yang beredar tersebut. 


Edi menjelaskan peristiwa itu terjadi pada 2 Maret 2022. Saat itu Firli Bahuri sedang bermain badminton bersama atlet badminton lainnya seperti Trikus Haryanto, Dwiki, Didid Juang, dan lainnya.


Tiba-tiba mereka kedatangan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo yang hendak menemui Firli Bahuri. Posisi Firli saat itu sedang bermain badminton.


Edi menjelaskan pertemuan yang sangat singkat itu berlangsung hanya dalam hitungan menit dikarenakan Firli kembali bermain badminton berpasangan dengan Trikus Heryanto melawan Didid Juang dan Dwiky. 


Saat itu Mentan Syahrul Yasin Limpo sempat menunggu dan setelah itu langsung pulang.


Pemain badminton lainnya, Trikus Haryanto mengatakan dirinya kaget melihat foto Firli Bahuri dan Mentan Syahrul Yasin Limpo yang saat ini viral karena dirinya hanya mengetahui saat itu suasananya ramai dengan banyak pemain badminton. 


"Heran aja kok yang tersebar foto hanya berdua. Foto tersebut adalah peristiwa pada 2 Maret 2022," kata Trikus Heryanto.


Sebelumnya, Firli mengaku memang kerap bermain bulutangkis. Namun, dia membantah bertemu pejabat hingga menerima uang di sela bermain bulu tangkis itu.


"Jadi saya kira tidak akan pernah ada hal-hal orang bertemu dengan saya, atau apalagi kalau seandainya ada isu bahwa menerima sesuatu sejumlah Rp1 miliar, itu saya baca, saya pastikan itu tidak ada," kata Firli, Kamis (5/10/2023). [Democrazy/TvOne]

×
Berita Terbaru Update
close