Polisi Ungkap Motif Penyebar Hoaks Pelecehan Seks di UNY: Sakit Hati -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Polisi Ungkap Motif Penyebar Hoaks Pelecehan Seks di UNY: Sakit Hati

Senin, 13 November 2023 | November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-13T11:36:59Z

Polisi telah menangkap pembuat dan penyebar hoaks terkait kekerasan seksual yang dilakukan oleh anggota BEM FMIPA UNY. Dari hasil pemeriksaan, motif tersangka menyebarkan hoaks karena sakit hati.

Dirreskrimum Polda DIY Kombes Idham Mahdi mengatakan dalam kasus ini tersangka yakni RAN (19), warga Kota Jogja. Sementara korban yaitu MF (21), warga Sumsel. Keduanya satu fakultas yakni di FMIPA UNY.

"Motifnya adalah sakit hati, karena pada saat itu RAN mendaftar di salah satu komunitas mahasiswa ditolak sedangkan MF yang diterima," kata Idham saat rilis kasus di Mapolda DIY, Senin (13/11/2023).

Idham bilang, rasa sakit hati tersangka kepada korban berlanjut saat RAN menjadi panitia sebuah event di kampus.

"Dia ditegur oleh MF melalui japri WA. Sehingga RAN merasa sakit hati sehingga dia mengupload postingan-postingan tersebut," ucapnya.

Sementara itu Ketua BEM FMIPA UNY Doni Setyawan saat dikonfirmasi membenarkan jika RAN sempat mendaftar menjadi anggota BEM namun tidak diterima.

"Benar jadi dia waktu itu juga sudah melakukan proses oprec (open recruitment) tapi juga dengan pertimbangan dan lain-lain seperti yang disampaikan, mendaftar (BEM) di tahun ini 2023," kata Doni ditemui di Mapolda DIY, Senin (13/11/2023).

Doni menyebut bahwa tersangka merupakan mahasiswa FMIPA UNY.

"Angkatan 2022, Fakultas MIPA," ucapnya.

Awal Mula Beredarnya Hoaks

Sebelumnya, Kata 'Anak BEM' sempat menjadi trending topic di media sosial X pada Jumat (10/11) dan Sabtu (11/11/2023) tadi. Banyak akun membicarakan isu pelecehan seksual terhadap mahasiswa baru di kampus UNY.

Seorang pengurus BEM di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dilaporkan melakukan pelecehan pada mahasiswa baru (maba). Kabar ini viral di akun media sosial X (dahulu Twitter) @UNYmfs, tetapi postingan terkait sudah dihapus.

"Aku ga nyangka kuliah di /uny malah direndahin kaya gini... Jadi aku maba dan kenalan sama kating ini dari bulan Februari, waktu itu kenal karena acara fakultas. Kukira dia baik, ternyata dia cab*l, aku udh dilecehin sama dia dari Oktober, sampe sekarang," tulis unggahan tersebut.

Dalam postingan di akun media sosial X, pelecehan diduga dilakukan anggota BEM FMIPA UNY. Postingan tersebut juga melampirkan foto tangkapan layar percakapan chat.

Sumber: detik
Foto: Polisi Ungkap Motif Penyebar Hoaks Pelecehan Seks di UNY: Sakit Hati. Tampang pelaku penyebar hoaks kekerasan seksual anggota BEM FMIPA UNY dirilis polisi, Senin (13/11/2023). Foto: Jauh Hari Wawan S
×
Berita Terbaru Update
close