Siapa Bang Onim, Relawan Indonesia yang Sudah Belasan Tahun di Gaza -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siapa Bang Onim, Relawan Indonesia yang Sudah Belasan Tahun di Gaza

Senin, 13 November 2023 | November 13, 2023 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-13T11:37:06Z

Siapa Bang Onim yang sedang ramai disorot saat ini? Sebagai diketahui sosok pria bernama Abdillah Onim dikenal sebagai relawan Indonesia yang berada di Gaza, Palestina.

Nama Bang Onim jadi perbincangan usai menyampaikan kekecewaannya tentang apa yang disampaikan oleh Buya Arrazy tentang serangan Israel ke Gaza, Palestina.

Menurut relawan Indonesia di Gaza tersebut, ada banyak kesalahan yang disampaikan Buya Arrazy dalam tayangan tersebut.

Dikutip BeritaHits.id dari Suara.com, Bang Onim sudah belasan tahun menetap di Gaza sebagai relawan Indonesia bersama keluarganya.

Sentilan Bang Onim kepada Buya Arrazy

Pria Abdillah Onim ini juga menyindir kalau podcast tersebut sama sekali tidak mengedukasi karena ilmu Buya Arrazy tentang Palestina baru 1 persen.

"Mohon maaf, ilmunya tentang isu Palestina baru 1 persen, itu pun banyak yang keliru. Bila ga peduli bijaknya diam saja deh. Saya baru nonton di menit ke 14 dan enggak lanjut lagi karena murni ga ngedukasi," tulis Bang Onim di akun Instagram miliknya, seperti dikutip Kamis (9/11/2023).

"Konsen bahas Palestina dong jangan konsen bahas Hamas atau Fatah, Israel juga bahas Hamas tuh. Bila bahas Hamas maka pemahaman sempit dan tradisional bangat nih," imbuhnya.

Menurut Bang Onim, dalam situasi Palestina yang masih mencekam, pernyataan Buya Arrazy yang fokus pada Hamas tidaklah bijak.

"Enggak update nih orang dalam situasi gini harusnya edukasi publik bukan malah menyalahkan. Kasian rakyat Palestina masih terjajah dan rakyat Gaza masih dibantai," tandasnya.

Siapa Bang Onim

Siapa Abdillah Onim sebenarnya? Menurut situs resmi Nusantara Palestina Center (NPC), Bang Onim lahir pada 12 Juni 1979 di Galela, Halmahera Utara, Maluku Utara.

Bang Onim menjadi relawan Indonesia di Gaza sejak 2008 ketika dirinya bergabung dengan MER-C (Medical Emergency Rescue Committee).

Pria ini bergaung untuk melangsungkan misi kemanusiaan di Palestina yang kala itu juga tengah menghadapi invasi dari Israel.

Kemudian pada 2009, Bang Onim berangkat ke Gaza. Selama menjadi relawan MER-C (2000 hingga 2012), banyak kontribusi yang diberikannya.

Mulai dari menginisiasi pembangunan Rumah Sakit Indonesia di Gaza Utara. Salah satu rumah sakit yang banyak membantu warga Gaza.

Dalam pembangunan proyek RS Indonesia di Palestina inilah, Bang Onim bekerja sama dengan relawan-relawan lain yang sekarang juga terkenal.

Seperti Muhammad Husein, salah satu relawan Indonesia yang berada di Gaza sama seperti Abdillah Onim.

Saking lamanya tinggal dan berinteraksi dengan warga Palestina, Bang Onim pun menemukan jodoh perempuan lokal di sana.

Tahun 2011, Bang Onim menikahi perempuan Palestina. Mereka dikarunia tiga orang anak. Pernikahan ini membuat Bang Onim sebagai orang Indonesia pertama yang melangsungkan pernikahan di Jalur Gaza.

Hingga akhirnya ia dipercaya menjadi Ketua MER-C sebelum akhirnya Bang Onim mendirikan organisasi kemanuasiaan sendiri pada 2018.

Bang Onim mendirikan Nusantara Palestina Center (NPC). Kegiatan lembaga ini kurang lebih sama dengan MER-C, namun NPC lebih berfokus pada aspek pendidikan.

Organisasi ini menyalurkan bantuan dari masyarakat Indonesia kepada warga Palestina dalam berbagai bentuk. Seperti edukasi, charity, pemberdayaan dan emergency.

Paling kini, Bang Onim dan keluarganya sudah dievakuasi untuk keselamatan mereka. Pemerintah Indonesia membawa mereka keluar dari Gaza pada 2 November 2023.

Sebelum pulang ke Indonesia, Bang Onim bersama keluarganya dievakuasi dulu ke Mesir. Baru tiba di Bandara Soekarno Hatta pada Senin (6/11/2023).

Itulah sosok siapa Bang Onim, sosok relawan Indonesia di Gaza.

Sumber: suara
Foto: Abdillah Onim atau yang dikenal dengan Bang Onim (YouTube/Need A Talk)
×
Berita Terbaru Update
close