Presiden Dewan EU: Sejumlah Negara Eropa Siap Akui Negara Palestina -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Presiden Dewan EU: Sejumlah Negara Eropa Siap Akui Negara Palestina

Minggu, 24 Maret 2024 | Maret 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-24T07:15:58Z

Presiden Dewan Uni Eropa (EU) Charles Michel mengungkapkan bahwa Spanyol, Irlandia, Malta, dan Slovenia siap mengakui negara Palestina setelah kondisi yang sesuai terpenuhi.

Michel mengatakan, hal itu akan digunakan sebagai pengaruh untuk memulai perundingan perdamaian.

Ia menyampaikan hal tersebut kepada wartawan di akhir pertemuan puncak EU di Brussels, Belgia, pada Jumat (22/3/2024), seraya menekankan pentingnya untuk memulai proses pengakuan Palestina.

Michel pun menekankan perlunya langkah bersama dari kedua belah pihak untuk mencapai tujuan tersebut.

Presiden Dewan EU itu menyoroti, meskipun perdebatan tentang pengakuan Palestina tidak sepenuhnya dibahas dalam diskusi baru-baru ini, hal tersebut tetap menjadi keputusan penting yang harus dipertimbangkan oleh setiap negara anggota EU.

Dia membenarkan bahwa beberapa anggota telah mengakui Palestina sebagai negara berdaulat dan menekankan pentingnya memulai proses terstruktur menuju pengakuan itu dan pentingnya mengakui langkah-langkah yang diambil oleh pihak berwenang, khususnya di Israel, sebagai bagian dari proses itu.

"Ini bukan topik yang baru kami bahas kemarin sore, tetapi kami telah membahas secara mendalam solusi dua negara dan tujuannya adalah dua bangsa yang hidup berdampingan dalam keamanan, yaitu saling pengakuan, itulah tujuannya dan itulah sebabnya kami berkoordinasi dengan seluruh negara anggota kami,” ujar Michel.

"Ada proses sehingga hal ini dapat dilihat sebagai pengaruh untuk mengambil langkah-langkah dan mendukung upaya dimulainya kembali perundingan damai," kata dia melanjutkan.

Sumber: inilah
Foto: Presiden Dewan Uni Eropa (EU) Charles Michel. (Foto: European Parliament)
×
Berita Terbaru Update
close