Tampang Tersangka Teroris Pembantaian 115 Orang di Gedung Konser Balai Kota Crocus Moskow, Ngaku Dibayar Rp 85 Juta -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tampang Tersangka Teroris Pembantaian 115 Orang di Gedung Konser Balai Kota Crocus Moskow, Ngaku Dibayar Rp 85 Juta

Minggu, 24 Maret 2024 | Maret 24, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-24T07:16:00Z

Begini tampang salah satu tersangka teroris di balik penembakkan massal, di gedung konser Balai Kota Crocus, pinggiran Moskow, Rusia telah ditangkap.

Sebuah video yang dirilis Pemimpin redaksi RT Margarita Simonyan telah mengunggah klip video interogasi salah satu tersangka teroris di balik penembakan yang mengerikan pada hari Jumat, 22 Maret 2024 di gedung konser Crocus City dekat Moskow

Serangan teroris yang diklaim Islamic State of Iraq and Syria (ISIS) dan bertanggungjawab atas serangan tersebut, mengakibatkan korban tewas mencapai 115 orang. 

Video tersebut diunggah pemimpin redaksi Russia Today Margarita Simonyan menunjukkan, interogasi salah satu tersangka teroris.

Sebelumnya pada hari Sabtu, dinas keamanan FSB Rusia mengkonfirmasi bahwa sebelas tersangka, termasuk empat tersangka pelaku, telah ditahan di Wilayah Bryansk, tidak jauh dari perbatasan Ukraina.

Rekaman itu menunjukkan seorang pria berjanggut tergeletak di tanah dan menjelaskan dalam bahasa Rusia yang terpatah-patah bagaimana dia dibayar untuk melakukan serangan teroris.

Pria tersebut mengatakan bahwa sebelum melakukan kekejaman pada hari Jumat, dia pernah ke Turki.

Ketika ditanya apa yang dia lakukan di tempat konser Crocus City pada Jumat malam, dia menjawab: “Saya menembak jatuh orang-orang

Tersangka menambahkan bahwa dia melakukan kejahatan tersebut  demi uang,dan merinci bahwa dia telah dijanjikan 500.000 rubel ($5.418) tau sekitar Rp85 juta.

Terduga pelaku mengaku setengah dari jumlah tersebut telah ditransfer ke kartu debitnya.

Pria itu juga mengatakan bahwa para kurator, yang diduga tidak dia kenal secara pribadi, telah menghubunginya melalui aplikasi pesan Telegram, dan mengatur penyimpanan senjata untuk para penyerang.

Menurut tersangka, dia telah “mendengarkan khotbah oleh seorang pengkhotbah” di Telegram selama beberapa waktu sebelum didekati oleh orang yang diduga sebagai dalang serangan hari Jumat sekitar sebulan yang lalu.

Tak lama setelah menerbitkan klip video pertama, Simonyan memposting lebih banyak rekaman, dalam contoh ini menggambarkan seorang tersangka teroris lain yang berbicara melalui seorang penerjemah.

Pria tersebut menggambarkan bagaimana seorang kenalan yang ia kenal di Telegram “sepuluh hingga dua belas hari yang lalu” membeli sebuah mobil, mungkin dengan maksud untuk digunakan sebagai taksi.

Serangan teroris, yang menurut perkiraan awal, telah menyebabkan 115 orang tewas dan lebih dari 120 orang terluka, terjadi pada Jumat malam di Balai Kota Crocus di Krasnogorsk, di pinggiran barat ibu kota Rusia. 

Tempat konser, yang diperkirakan berkapasitas 7.500 orang, hampir penuh ketika teroris menyerbu masuk ke dalam gedung.
Setelah menembak mati puluhan pengunjung yang melarikan diri, para penyerang kemudian membakar deretan kursi di dalam aula. Api dengan cepat melahap sebagian besar bangunan, termasuk atapnya.

Sebelumnya jumlah korban jiwa kemungkinan akan terus meningkat, karena gubernur wilayah Moskow mengatakan tim penyelamat akan terus menjelajahi lokasi tersebut selama beberapa hari.

Para penyelidik mengatakan banyak orang meninggal karena luka tembak dan menghirup asap setelah api melalap tempat yang berkapasitas 7.500 tempat duduk itu.

“ Para teroris menggunakan cairan yang mudah terbakar untuk membakar gedung konser, tempat para penonton berada, termasuk yang terluka,” kata Komite Investigasi.

Api dengan cepat menyebar ke seluruh venue pada hari Jumat setelah adanya laporan penembakan massal, dan penonton konser berteriak-teriak bergegas menuju pintu keluar darurat.

Beberapa orang memfilmkan orang-orang bersenjata dari lantai atas ketika mereka berjalan secara sistematis melalui kios-kios sambil menembaki orang-orang, menurut rekaman yang dibagikan di media sosial.

Kelompok ISIS mengaku bertanggung jawab pada hari Jumat, mengatakan para pejuangnya menyerang pertemuan besar di pinggiran Moskow dan mundur ke pangkalan mereka dengan aman.

Pihak berwenang Rusia menyebutnya sebagai serangan teroris, namun belum mengomentari klaim ISIS.

Sekitar 107 orang masih dirawat di rumah sakit pada Sabtu pagi, menurut Kementerian Situasi Darurat Rusia.

Saluran Telegram Rusia, termasuk Baza yang dekat dengan dinas keamanan, dan seorang anggota parlemen mengatakan beberapa tersangka berasal dari negara Tajikistan di Asia Tengah.

Sumber: disway
Foto: Salah satu teroris yang bantai 115 orang dalam penembakan massal di gedung konser Balai Kota Crocus, Moskow, Rusia-Tangkapan Layar/Telegram/margaritasimonyan-
×
Berita Terbaru Update
close