Ustaz Khalid Basalamah Beri Peringatan Buat Para Pelawak! -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ustaz Khalid Basalamah Beri Peringatan Buat Para Pelawak!

Senin, 25 Maret 2024 | Maret 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-25T00:58:41Z

Menjadi pelawak atau komedian bukan pekerjaan mudah. Seorang komedian haruslah cerdas karena dituntut agar bisa menghibur orang lain bahkan membuat mereka tertawa. 

Alhasil, para pelawak ini kerap memutar otak untuk mencari materi lawakan yang bisa menghibur. 

Dengan tekanan yang begitu besar, tak jarang para komedian ini membuat lawakan yang secara tidak sadar membuat orang lain tersinggung atau bahkan membuat orang yang bersangkutan merasa sakit hati. Yuk, scroll untuk info lengkapnya. 

Ya, fenomena tersebut kerap terjadi di Indonesia, di mana beberapa komedian bahkan melontarkan candaan mulai dari membahas fisik hingga menyentil ranah pribadi. 

Meski berupa candaan, bagi orang yang sensitif tentu ini akan menyinggung perasaan bahkan bisa menjadi sakit hati. 

Tidak main-main, dalam Islam sendiri, menyakiti hati orang lain hukumnya adalah dosa. 

Dalam Alquran surat Al-Ahzab ayat 58, diterangkan bahwa menyakiti hati orang lain merupakan sebuah dosa besar. 

"Dan orang-orang yang menyakiti orang-orang mukmin laki-laki dan perempuan tanpa kesalahan yang mereka perbuat, maka sesungguhnya mereka telah memikul kebohongan dan dosa yang nyata." (QS. Al-Ahzab: 58).

Pendakwah, Ustaz Khalid Basalamah pun, turut memberikan peringatan kepada para pelawak atau komedian. 

Dia menyampaikan apa yang disabdakan oleh Nabi Muhammad SAW, melalui potongan video yang diunggah di Instagram. 

"Ini peringatan bagi para pelawak. Hati-hati sekali," kata Ustaz Khalid Basalamah mengawali perkataannya di Instagram @tisonfr, dikutip Sabtu 23 Maret 2024. 

Ustaz Khalid melanjutkan, dengan mengutip perkataan Rasulullah SAW, celakalah bagi orang-orang yang bermaksud membuat orang lain tertawa, tapi dengan cara berbohong. 

"Karena kata Nabi SAW, kecelakaan bagi orang yang mengucapkan perkataan untuk membuat orang lain tertawa padahal dia bohong. Maka itu kecelakaan buat dia, kecelakaan buat dia. Begitu perkataan Nabi SAW," ungkap Ustaz Khalid. 

Dalam caption yang disematkan mengiringi unggahan video ini, sang pemilik akun juga memberikan pesan penting untuk para pelawak, dengan mengutip hadis HR. Abu Daud No. 4990 dan Tirmidzi No. 3315.

"Dari Bahz bin Hakim, ia berkata bahwa ayahnya, Hakim telah menceritakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

“Celakalah bagi yang berbicara lantas berdusta hanya karena ingin membuat suatu kaum tertawa. Celakalah dia, celakalah dia. (HR. Abu Daud no. 4990 dan Tirmidzi no. 3315. Al Hafizh Abu Thohir mengatakan bahwa sanad hadits ini hasan)," tulis akun tersebut. 


Sumber: viva
Foto: Ustaz Khalid Basalamah. Sumber : Youtube
×
Berita Terbaru Update
close