Bak Makan Buah Simalakama, Anies Bisa Maju Pilkada DKI Lagi Tapi Kelasnya Bakal Turun -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bak Makan Buah Simalakama, Anies Bisa Maju Pilkada DKI Lagi Tapi Kelasnya Bakal Turun

Sabtu, 27 April 2024 | April 27, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-27T12:07:42Z

Desas-desus Anies Baswedan bakal maju dalam Pilkada DKI Jakarta semakin santer setelah gagal di Pilpres 2024.

Direktur Eksekutif Indonesia Public Institute (IPI), Karyono Wibowo mengatakan, jika Anies masih ingin maju kembali pada Pemilu 2029 mendatang, maka ia harus memiliki jabatan strategis.

Menurutnya, salah satu jabatan strategis yang bisa menjadi target Anies ialah Gubernur DKI Jakarta.

Karyono menilai jabatan Gubernur DKI Jakarta masih terlihat seksi. Apalagi Anies dianggap sukses saat masih menjabat sebagai orang nomor satu di Jakarta.

“Anies juga butuh panggung jika ingin maju dala Pilpres 2029, karena catatan paling seksi tentu gubernur, dan DKI Jakarta itu masih seksi,” ujar Karyono, saat dihubungi Suara.com, Jumat (26/4/2024).

Namun, tentu keputusan untuk maju kembali dalam Pilkada DKI Jakarta bagi Anies, kata Karyono, bagai memakan buah simalakama.

Sebabnya, jika Anies kembali maju dalam Pilkada DKI, kelas politiknya bakal menurun.

“Pertama pertimbangan beban psikologis sebagai capres 2024, capres yang kalah. Itu ada pertimbangan rasa malu yang dipandang sebagai sosok yang haus akan kekuasaan,” kata Karyono.

“Tapi disisi lain, Anies butuh panggung kalau mau maju di pilpres berikutnya,” tambahnya.

Kemudian, pertimbangan lainnya, soal partai politik. Saat ini apakah masih ada yang mau mengusung Anies dalam pilkada mendatang.

Pasalnya, sejauh ini, selain Anies ada nama-nama lain yang memungkinkan ikut pertarungan dalam Pilkada DKI Jakarta.

“Nama-nama yang potensial maju pilkada DKI, ada Anies, Tri Rismaharini, kemudian Ridwan Kamil, Ahok yang punya sosok kontroversial. Figur baru dan punya potensi Syahroni tapi dia masih dibawah jauh dari Anies, Ridwan Kamil dan Ahok,” pungkasnya.

Sumber: suara
Foto: Capres nomor urut satu, Anies Baswedan (tengah) saat hadir untuk mengikuti sidang putusan Perselisihan Hasil Pemilu Umum (PHPU) di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jakarta, Senin (22/4/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
×
Berita Terbaru Update
close