Bill Gates Bakal Berikan Vaksin Polio Buat Jemaah Haji di Arab Saudi -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bill Gates Bakal Berikan Vaksin Polio Buat Jemaah Haji di Arab Saudi

Senin, 29 April 2024 | April 29, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-29T16:45:56Z

Jemaah haji yang akan menjalani ibadah di Tanah Suci pada Juni ini akan mendapatkan pelayanan kesehatan dalam upaya pengendalian penyakit polio yang didukung Bill & Melinda Gates Foundation.

Dilansir dari Alarabiya, Minggu (28/4/2024), Gates Foundation menyatakan bakal membuka kantor perwakilan regional di Riyadh untuk mengoordinasikan kemitraan baru dengan Kementerian Kesehatan Arab Saudi.

Langkah tersebut dilakukan untuk peningkatan pengawasan penyakit dan sanitasi. Selain itu juga membantu pembuatan vaksin berbiaya lebih rendah untuk peningkatan kesehatan dan keselamatan jutaan orang.

Seperti diketahui, umat Islam akan berkumpul di Mekkah untuk melakukan ibadah haji yang akan dihadiri jutaan umat dari seluruh dunia. Namun, wabah polio sendiri dikaitkan dengan ibadah haji di masa lalu, ke Kota suci Mekah dan Madinah.

Penyakit yang melumpuhkan ini, yang menyebabkan kelumpuhan hingga mengancam jiwa selama ribuan tahun, bahkan nyaris diberantas pada tahun 2022, sebelum wabah baru muncul di Afrika dan seorang pria mengalami kelumpuhan di New York pada tahun yang sama.

Namun, penurunan kasus pada tahun ini telah meningkatkan optimisme untuk menyelesaikan Inisiatif Pemberantasan Polio Global pada tahun 2026.

"Pemerintah Arab Saudi menjanjikan $ 500 juta untuk lima tahun ke depan dalam misi inisiatif tersebut yang telah berusia 36 tahun," kata Gates Foundation dalam sebuah pernyataan melalui email.

Dengan pendanaan tersebut akan menjadi komitmen finansial terhadap inisiatif yang diumumkan dalam pertemuan khusus Forum Ekonomi Dunia di Riyadh menjadi lebih dari $620 juta.

"Arab Saudi juga akan menyumbangkan $ 100 juta kepada Lives and Livelihoods Fund, inisiatif pembangunan multilateral terbesar di Timur Tengah, yang mendukung layanan kesehatan primer dan upaya untuk menghilangkan penyakit menular yang dapat dicegah," kata Gates Foundation.

Bill Gates sendiri menyebut polio merupakan ancaman mengerikan yang tercatat dalam sejarah manusia.

"Polio adalah penyakit mengerikan yang patut dicatat dalam buku sejarah untuk selamanya,” kata Bill Gates.

Gates sendiri menyambut baik dengan respons positif Kerajaan Arab Saudi.

"Saya bangga melihat Kerajaan Arab Saudi, bersama dengan mitranya di Timur Tengah, mengambil tindakan untuk membantu memberikan lebih banyak vaksin polio, imunisasi campak, dan layanan kesehatan penting lainnya kepada jutaan anak setiap tahunnya."

Sumber: suara
Foto: Ilustrasi jemaah haji (Unsplash/ibrahim uz)
×
Berita Terbaru Update
close