Karier Politik Zita Anjani: Ikut Partai Ayah hingga Masuk Bursa Cawagub Jakarta Dampingi Ridwan Kamil -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Karier Politik Zita Anjani: Ikut Partai Ayah hingga Masuk Bursa Cawagub Jakarta Dampingi Ridwan Kamil

Kamis, 25 April 2024 | April 25, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-25T08:55:31Z

Anak kedua Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) dan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) yakni Zita Anjani tengah jadi sorotan karena pamer produk pro-Israel di Mekkah, Arab Saudi, ketika menjalani ibadah umrah. Zita mengunggah foto minuman kopi Starbucks di depan Kabah lewat akun Instagram pribadinya pada Sabtu (20/4/2024). 

Publik sontak bereaksi negatif terkait unggahan Zita karena Starbucks dikenal telah menyatakan dukungan pada Israel dalam konflik Palestina-Israel. Akibat unggahan itu, Zita mendapat banyak kritik karena latar belakangnya sebagai politisi dari partai dengan latar belakang Islam harusnya tidak menggunakan produk yang mendukung pendudukan Israel terhadap Palestina. 

Diketahui Zita kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta dari fraksi PAN. Lantas bagaimana karier politik Zita Anjani? Simak penjelasan berikut ini.

Karier Politik Zita Anjani

Zita Anjani merupakan anak kedua dari empat bersaudara dari pasangan Zulkifli Hasan dan Soraya yang lahir di Jakarta pada 12 Maret 1990 sehingga kini berusia 34 tahun. Sebelum mulai karier politik di partai sang ayah, Zita mengejar pendidikan terlebih dahulu. 

Dia adalah alumni tahun 2011 dari Universitas Pelita Harapan (UPH) dengan jurusan Ilmu Hubungan Internasional. Setelah meraih gelar sarjana, Zita melanjutkan pendidikan di Inggris hingga berhasil mendapat gelar Master of Science di University College London (UCL) tahun 2014. Di tahun 2012, Zita menikah dengan Radityo Egi Pratama dan dikaruniai 2 anak yakni Kaleela Aisyah da Kaisara Aiisha. 

Karier politik Zita pun termasuk gemilang. Sejak tahun 2015 hingga 2020, Zita telah memegang jabatan sebagai Wakil Ketua DPW PAN DKI Jakarta. Di waktu yang sama, tepatnya tahun 2017–2018, dia juga mengemban jabatan sebagai Wakil Sekretaris Jenderal Perempuan Amanat Nasional (PUAN). 

Tak cukup mengurus partai dengan sang ayah, Zita kemudian memutuskan terjun ke kancah legislatif. Mewakili Dapil 5 DKI Jakarta pada tahun 2019, Zita pun berhasil menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta. Ketika itu dia berhasil mendulang hingga 14.701 suara sehingga dipercaya untuk menjabat Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta periode 2019-2024. 

Prestasi Zita Anjani tidak berhenti di situ karena dia juga aktif dalam berbagai jabatan di PAN, termasuk sebagai Ketua Dewan Pimpinan Pusat PAN dan anggota Dewan Pengurus Pusat PUAN. Di luar aktivitas partai, Zita juga terlibat dalam kegiatan aktivisme sosial. 

Dia menjadi pembina di Bunda Pintar Indonesia, mendirikan Yayasan Sekolah Kids Republic, dan menjabat sebagai ketua yayasan Sekolah Kebangsaan Lampung. Selain itu Zita juga pernah menjadi Ketua Pansus Banjir DPRD DKI Jakarta.

Kekinian, Zita dikabarkan maju menjadi calon wakil gubernur (cawagub) Jakarta mendampingi Ridwan Kamil. Eddy Soeparno selaku Sekretaris Jenderal PAN mengaku mendukung sepenuhnya hal tersebut. Dia berpikir bahwa kolaborasi antara Zita dan Ridwan Kamil bisa menjadi pilihan ideal mengingat keduanya masih sama-sama muda.

Namun dalam kesempatan yang sama, Eddy mengatakan pihaknya belum bisa mengonfirmasi kabar itu. Pasalnya, internal partai masih harus menggelar Rakornas untuk memastikan nama-nama yang akan diusung ke Pilkada mendatang. 

Sumber: suara
Foto: Zita Anjani, Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta sekaligus anak Zulhas yang posting foto Starbucks di Makkah (Instagram/@zitaanjani)
×
Berita Terbaru Update
close