Pendopo Rumah Anies Mau Diambil Pemda, Padahal Dulu Tak Terawat sampai Dijual Sebagai Kayu Bekas -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pendopo Rumah Anies Mau Diambil Pemda, Padahal Dulu Tak Terawat sampai Dijual Sebagai Kayu Bekas

Selasa, 16 April 2024 | April 16, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-16T09:39:11Z

Rumah joglo yang unik di kediaman Capres 01 Anies Baswedan sedang menjadi sorotan. Pasalnya Ahmad Dhani menyebut genteng dan pendopo rumah Anies adalah milik Kiyai Ageng Hasan Besari, nenek moyang kiai-kiai besar Pondok Gontor.

“Ada desas-desus, Pemerintahan Ponorogo itu mau minta balik (pendopo rumah Anies Baswedan) atas nama cagar budaya,” ungkap Dhani lebih lanjut, dikutip dari akun TikTok @ponorogomu, Selasa (16/4/2024).

Padahal rumah joglo tersebut menjadi salah satu hal yang menarik di kediaman Anies, bahkan dimanfaatkan bukan hanya oleh dirinya dan keluarga tetapi juga masyarakat sekitar.
@ponorogomu Ahmad Dhani, musisi sekaligus politikus ungkap salah satu hal menarik dari capres Anies Baswedan. Ia bahkan tak segan mengungkap desas-desus yang diduga Anies Baswedan akan kehilangan rumah joglo sebagai tempat tinggalnya di Jakarta. SUMBER : Video Lagend @ 17/09/2021 #ponorogo #ponorogomu #ponorogo24jam #anisbaswedan ♬ original sound - Ponorogomu
“Tetangga itu kalau menikahkan, pakai Joglo kita untuk nikahnya, di depan dikasih tarub. Terus pemeriksaan kesehatan, makanya di depan ada alat ukur ketinggian (tinggi badan), itu karena pemeriksaan kesehatan rutin di sini. Namanya posbindu, itu (pemeriksaan) kesehatan orang tua,” ujar Anies di kanal YouTube-nya.

Lantas dari mana sebenarnya Anies mendapatkan rumah joglo yang kini disebut akan diambil oleh Pemkab Ponorogo?

Di video berbeda, eks Gubernur DKI Jakarta itu membenarkan bahwa pendoponya didapatkan dari kompleks pesantren di Tegalsari, Ponorogo. “Dikonstruksi yang tercatat itu (tahun) 1743, Ini dulunya dipakai untuk kegiatan belajar di pondok itu,” kata Anies.


Hingga jumlah santrinya bertambah banyak dan mendorong pihak pondok pesantren untuk membuat tempat baru. Pondok baru itulah yang hingga sekarang dianggap sebagai cagar budaya.

“Sementara yang ini malah terbengkalai, ditinggalkan. Jadi ini ditemukan waktu itu bukan sebagai sebuah joglo, tetapi oleh ahli warisnya itu dijual sebagai kayu bekas. Tidak terawat, sudah puluhan tahun terbengkalai,” beber Anies.

“Singkat cerita, kemudian ada teman saya yang menemukan. Dia rangkai ulang, kemudian dititipkan ke saya. Ini kalau lihat kayu-kayunya ini, kayunya itu sudah berurat, sudah keriput, ya karena umur. Jadi memang ini agak-agak tua usianya,” tandas Anies.

Sumber: suara
Foto: Potret pendopo di rumah Anies Baswedan.
×
Berita Terbaru Update
close