PKB, PKS Dan PDIP Berfusi Dukung Anies Di Pilkada DKI, Asal Bukan Kaesang Cawagubnya? -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

PKB, PKS Dan PDIP Berfusi Dukung Anies Di Pilkada DKI, Asal Bukan Kaesang Cawagubnya?

Rabu, 12 Juni 2024 | Juni 12, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-12T14:33:47Z

Pengamat politik Ujang Komarudin melihat ada peluang bagi PKB, PKS dan PDIP untuk berfusi atau berkoalisi mengusung Anies Baswedan di Pilgub DKI Jakarta. Ketiga partai itu tidak mustahil bersama, kendati dalam pemilihan presiden kemarin berbeda pilihan.

Peluang berkoalisi mengusung Anies Baswedan terbuka seiring ketiga partai yang menampakkan minatnya terhadap eks gubernur Jakarta tersebut. Bahkan, PKB secara resmi pada Rabu (12/6/2024) hari ini mengumumkan mendukung Anies.

Sementara PKS menyampaikan Anies masuk di daftar kandidat utama bakal cagub Jakarta. Sedangkan PDIP belakangan elitenya mulai melirik dengan memuji Anies.

Menurut Ujang, pembentukan koalisi didasarkan terhadap kepentingan pragmatis dan taktis saja. Berdasarkan itu, PKB, PKS, dan PDIP bisa berkoalisi bila memang memiliki kepentingan yang sama.

"Jadi soal mungkin, ya mungkin saja. Mungkin ketemu, mungkin juga tidak," kata Ujang dihubungi, Rabu (12/6/2024).

Meski memungkinkan berkoalisi, ketiga partai tersebut akan terbentur hambatan bila mereka sama-sama menginginkan posisi calon wakil gubernur. Menurut Ujang posisi cawagub merupakan faktor utama yang menjadi penghambat berkoalisi.

"Hambatannya yaitu soal calon wakil gubernur. Mungkin calon wakil gubernurnya itu dari PDIP, ya PDIP akan mau. Kalau calon wakil gubernurnya Anies dari PKS, PKS akan mau," kata Ujang.

Lebih menjadi penghambat apabila cawagub yang diusung justru di luar dari kader tiga partai tersebut. Ujang menyontohkan, bila Anies diusung berduet dengan Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep.

"Tapi kalau calon wakil gubernurnya Anies itu dari pihak lain, ataupun Kaesang misalkan ditawarkan ya tentu PDIP dan PKS tidak akan mau," kata Ujang.

Sumber: suara
Foto: Anies Baswedan. [X @aniesbaswedan]
×
Berita Terbaru Update
close