Duka di Serang Banten Kala Banjir di Mana-mana -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Duka di Serang Banten Kala Banjir di Mana-mana

Rabu, 02 Maret 2022 | Maret 02, 2022 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-02T02:02:28Z

Wanheart News

WANHEARTNEWS.COM - Serang dilanda banjir dengan ketinggian air berbagai macam karena dipicu hujan deras. Banjir di Ibu Kota Banten itu berdampak hingga ke ribuan warga dan menelan korban jiwa.

Hujan deras di Serang, Banten, terjadi sejak Senin (28/2) malam. Banjir mengakibatkan beberapa perumahan terendam, termasuk menutupi ruas jalan di tengah kota.

Sekitar pukul 08.00 WIB, Selasa (1/3), Jalan Raya Petir di depan Perumahan Puri Serang Hijau, banjir menutupi akses jalan sehingga terjadi kemacetan dari dua arah. Luapan dari aliran sungai Cibanten itu hampir selutut dan membuat beberapa kendaraan mengalami mogok.

Pengendara roda dua yang mogok dibantu warga setempat ke lokasi yang aman. Kemacetan terpantau dari arah pusat Kota Serang maupun kendaraan dari arah sebaliknya.

"Dari semalam kang hujannya, ini juga belum berhenti-berhenti hujannya," customized organization warga bernama Siti di lokasi.

Terpisah, Kapolres Serang Kota AKBP Maruli Hutapea memberikan informasi bahwa beberapa titik perumahan dan ruas jalan di kota memang mengalami banjir.

Petugas polsek diminta memantau daerah masing-masing dan bekerja sama dengan pihak terkait. Selain banjir dan genangan, hujan dari semalam, katanya, membuat pohon tumbang.

"Polres Serang Kota dan jajaran memantau genangan dan banjir," ucap Maruli.

Wali Kota Serang Syafrudin mengatakan banjir di Perumahan Padma Raya mencapai ketinggian lima meter. Warga telah dievakuasi ke posko di sekolah.

"Kompleks ini pinggir kali, luapan masuk ke Kota Serang. Baru kali ini banjir lima meter, ada seratusan rumah terdampak sama mobil kerendam," customized organization Syafrudin.

Salah satu warga, Jaenudin, mengatakan air mulai meluap dari sungai pagi tadi. Dia menyebut banjir baru pertama kali terjadi di kompleks tersebut.

"Air dari subuh, ini dari Cibanten, kalau di kompleks ini baru pertama kali banjir," customized organization Jaenudin.

Banjir juga merendam Perumahan Citra Gading di Kecamatan Cipocok Jaya. Banjir di region tersebut juga dipicu luapan Cibanten.

"Ini juga dari luapan Cibanten," customized organization Sekretaris Camat Cipocok Jaya Chaerudin.

Dia mengatakan akses Jalan Raya Petir-Serang ditutup di depan Perumahan Serang Hijau. Hal ini karena pengendara khawatir terkena aliran listrik karena dekat dengan gardu milik PLN.

"Ditutup dulu takut ada aliran listrik," ujarnya.

Walkot Syafrudin mengatakan awal ada 22 titik banjir di Kota Serang. Banjir withering parah terjadi di Perumahan Padma Raya di Kaujon.

"All out sementara banjir di Kota Serang ada 22 titik, yang saya lihat di Kaujon ada seratusan rumah di Padma setinggi lima meter," ujar Syafrudin kepada wartawan di Serang.

Banjir withering parah terjadi di sekitar Sungai Cibanten. Dia mengatakan air dari hulu di Sindangheula meluap dan masuk ke tengah kota.

"Penyebabnya luapan air dari Sindangheula (hulu Cibanten) lalu masuk ke kota," ucapnya.

Masyarakat yang terdampak banjir dievakuasi ke Pokso di SDN 7. Pemkot Serang berjanji memberikan bantuan untuk warga terdampak banjir.

"Kami masih mendata termasuk warga di lingkungan Kaujon ini banyak terendam, nanti kita kasih bantuan di 22 titik ini mudah-mudahan semua kebagian," ujarnya.

Berikut information titik banjir yang disampaikan Polres Serang:

1. Legok, Sukmajaya

2. Cimuncang Kelurahan

3. Kebon Sawo, Royal

4. Perumahan Taman Widya Asri

5. Pasar Rau

6. Percetakan Ciceri

7. Cinanggung

8. Domba Lepin Stasiun

9. Pekarungan Pasar Lama

10. Benggala

11. Secang

12. Perumahan BSD Taktakan

13. Kampung Magersari

14. Singandaru

15. Ranau Estate 1

16. Jalan Ki Ajurum Cipocok Jaya

17. Jalan Syech Nawawi Albantani Cidadap samping pom bensin

18. Kemang depan KSB

19. Ciracas daerah Komplek Puspa Regensi

20. Citra Gading

Pohon tumbang:

1. Cilowong

2. Kaloran jembatan arah Kaujon

3. Dekat Terowongan Kidemang

Walkot Syafrudin mengatakan ada lima orang yang tewas akibat banjir luapan Sungai Cibanten. Ia kemudian memperbarui jumlah titik di wilayah kota yang banjir dengan kurang-lebih 3.500 orang terdampak.

"Jumlah seluruhnya 43 titik, mungkin bisa lebih karena ini dari kota langsung air itu ke hilir ke Kecamatan Kasemen, dari 43 titik ini kurang-lebih 1.500 rumah terendam atau 1.500 KK, jumlah jiwanya kurang-lebih 3.500," customized organization Syafrudin di Kota Serang.

Ia tidak memerinci daerah mana saja yang mengalami banjir. Namun dia mengatakan ada lima orang yang meninggal dunia, termasuk korban yang tertimpa longsor.

"Dari 43 titik ini ada 5 orang meninggal, 3 hanyut anak-anak, satu kesetrum, kemudian satu kena longsor," sambungnya.

Masjid Agung Banten juga turut terendam banjir akibat meluapnya air Sungai Cibanten. Masjid ini adalah ikon Provinsi Banten dan lokasi bersejarah sebagai pusat Kesultanan Banten.

detik/


×
Berita Terbaru Update
close