Profil Yudi Prayudi Ahli Forensik yang Diragukan Hotman Paris, Karier dan Pendidikannya Mentereng -->

Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Profil Yudi Prayudi Ahli Forensik yang Diragukan Hotman Paris, Karier dan Pendidikannya Mentereng

Rabu, 03 April 2024 | April 03, 2024 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-03T00:24:02Z

Sidang sengketa hasil Pilpres 2024 kembali digelar di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK) Jakarta Pusat pada Senin (1/4/2024) kemarin. Dalam agenda sidang tersebut, para pihak penuntut, yaitu kubu 01 Anies - Muhaimin dan kubu 03 Ganjar - Mahfud pun diminta untuk menghadirkan saksi ahli berdasarkan bukti konkrit.

Kubu Anies-Muhaimin menghadirkan saksi yang merupakan ahli forensik dari Universitas Islam Indonesia (UII), Yudi Prayudi. Yudi diminta untuk memberikan hasil audit forensik digital terhadap aplikasi Sirekap KPU dalam kacamata bidang forensik.

Tim hukum pembela Prabowo -Gibran, Hotman Paris sempat berdebat dengan Yudi dan mempertanyakan keabsahan status Yudi sebagai ahli forensik. Ia meragukan Yudi yang sebetulnya memiliki sertifikat internasional di bidang digital forensik.

"Apakah suara ahli punya sertifikat punya sertifikat international sebagai digital forensik? Karena untuk di pengadilan umum, kalau anda tidak punya itu (sertifikat internasional), anda tidak diakui," tanya Hotman kepada Yudi.

Yudi mengatakan dirinya sudah puluhan tahun berkecimpung di dunia forensik dan berhasil menyelesaikan pendidikan doktornya di bidang digital forensik.

"Kalau berkaitan dengan kompetensi dan kapasitas saya sebagai ahli forensik, alhamdulillah saya sudah berkecimpung di bidang ini sudah hampir 20 tahun pak. Baik digital forensik, saya juga lulusan S2 dan S3 digital forensik. Kalau soal sertifikasi, saya dulu sudah pernah beberapa kali mengikuti sertifikasi," jawab Yudi tegas.

Sosok Yudi kini ramai disoroti publik. Lalu, seperti apa sosok dan pendidikan Yudi Prayudi?

Profil Yudi Prayudi

Dr. Yudi Prayudi, S.Si.,M.Kom ini merupakan lulusan dari jurusan Ilmu Komputer Universitas Gadjahmada (UGM) tahun 1993. Pasca lulus dari UGM, Yudi pun mengawali karirnya sebagai dosen di Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta sejak tahun 1994.

Selama hampir 5 tahun berkarier sebagai dosen tetap di UII, Yudi melanjutkan pendidikannya di program studi Magister Komputer di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) sejak tahun 1999 dan lulus di tahun 2001.

Saat masih menjalani program magister, Yudi mulai mendalami dunia digital forensik dengan mengusung tema tesis mengenai citra digital. Yudi juga melanjutkan pendidikannya di program doktoral Ilmu Komputer dengan peminatan digital forensik pada tahun 2014 dan berhasil meraih gelar doktor di tahun 2020 lalu.

Yudi tercatat telah mengikuti beberapa pelatihan dan kursus digital forensik, seperti CHFI, OCE, Encase, CF1, dan CF2.

Yudi juga tergabung sebagai anggota Asosiasi Forensik Digital Indonesia (AFDI) dan HTCIA (High Technology Crime Investigation Association).

Tak hanya itu, Yudi didaulat sebagai Kepala Pusat Studi Forensika Digital di FTI Universitas Indonesia pada tahun 2012. Yudi juga ditunjuk sebagai Direktur Pusfid UII sejak tahun 2012.

Keahlian Yudi di bidang forensik juga berhasil membuatnya menjadi salah satu asesor laboratorium forensik untuk ISO 17025. Kini, Yudi juga menjabat sebagai Associate Professor di bidang digital forensik.

Sumber: suara
Foto: Yudi Prayudi, Ahli Forensik yang Diragukan Hotman Paris (Dok. UII)
×
Berita Terbaru Update
close